Tips Menentukan Topik Blog

Blog Anda merupakan sebuah media informasi yang diharapkan bisa bertahan untuk usia yang lama. Alias langgeng. Salah satu hal krusial yang perlu diperhatikan di awal adalah menentukan topik blog yang menarik minat pembaca.

Yap, benar sekali. Sederhana namun sangat penting. Anda perlu memutuskan sejak awal, blog Anda akan banyak berbicara tentang apa ? Kalau Anda salah memilih topik blog, akibatnya ada dua, Anda kesulitan membuat konten, atau blog Anda sepi karena topiknya ngga populer.

Anda juga perlu memahami secara pasti perbedaan blog dan web. Jika Anda ingin membangun sebuah blog, maka Anda harus memilih topik yang tepat, karena Anda ( sebaiknya ) harus meng-update blog Anda secara berkala.

Beberapa kesalahan dan kendala yang pernah saya alami, dan juga sering sekali saya jumpai di antara sesama rekan yang suka ngeblog :

  • Suka topiknya tapi sedikit peminat.
  • Latah ikut-ikutan topik yang sedang tren.
  • Tidak menguasai topiknya sehingga sulit menulis.
  • Topik ngga konsisten / berubah-ubah.

Pernah mengalami salah satunya ? Makanya, pada tulisan saya kali ini akan berbagi seputar cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari topik blog yang menarik untuk dibahas.

Mencari Topik Blog Yang Menarik

1. Situs Tanya-Jawab

Situs web tanya jawab Quora
Situs tanya jawab Quora

Di dalam situs web tanya-jawab Anda bisa menjumpai banyak sekali pertanyaan yang diajukan para pengunjung. Anda bisa mencari pertanyaan di topik apa yang populer, artinya topik tersebut memang banyak diminati.

Beberapa contoh situs tanya-jawab :

  • Quora
  • Brainly
  • Mind the Book
  • Yahoo Answer
  • Stack Overflow
  • Super User
  • Answer.com

2. Forum / Grup Diskusi

Berangkat dari sebuah topik yang banyak di bahas di grup-grup Facebook, atau forum besar dan situs komunitas seperti Kaskus, maka topik itulah yang kemungkinan besar memang populer dan bisa Anda angkat menjadi topik blog yang menarik.

Anda bisa mencari di Google dengan kata kunci “Forum [NamaTopik]” untuk mencari forum yang sesuai dengan topik yang akan Anda pilih. Atau bisa menggunakan kata kunci “Grup [NamaTopik]” untuk mencari grup-grup Facebook yang sesuai dengan topik yang Anda cari.

3. Blogwalking Kompetitor

Salah satu cara favorit yang banyak dilakukan oleh blogger pemula adalah ATM alias amati, tiru, mencontek. Eh maksud saya modifikasi. Anda bisa berkeliling dari satu blog ke blog lainnya yang sesuai dengan topik yang ingin Anda garap.

Semakin banyak Anda berkeliling biasanya akan menemukan inspirasi dari konten-konten artikel yang Anda temui di blog-blog tersebut. Selanjutnya Anda tinggal mulai menyusun strategi deh.

4. Kategori di Marketplace

Daftar kategori di Marketplace
Kategori di Marketplace

Saya sering melakukan ini. Melihat-lihat daftar kategori produk di Marketplace lokal maupun luar, dan memilih salah satunya unttuk dijadikan topik blog saya.

5. Mengintip Judul Buku Populer

Anda bisa berkunjung ke Gramedia untuk melihat ke rak yang berisi buku-buku best seller. Seharusnya Anda bisa mendapatkan inspirasi topik blog dari tumpukan buku tersebut.

6. Mengintip Kursus Terpopuler

Pernah mampir ke Udemy ? Tempat kursus online berbasis video. Dari sana Anda juga bisa menemukan ide topik kursus apa yang sedang populer. Topik itulah yang bisa diangkat untuk dijadikan ide utama dalam proses pembuatan blog.

7. Menggunakan BuzzSumo

Halaman pencarian konten viral di BuzzSumo
Buzzsumo

BuzzSumo adalah sebuah software yang berfungsi mencari konten-konten populer di media sosial berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Anda bisa melihat kepopuleran topik tertentu dari berapa banyak jumlah share nya.

8. Menggunakan Google Trends

Tool gratis besutan Google ini bisa Anda gunakan untuk melacak kepopuleran sebuah kata kunci / topik dalam rentang waktu tertentu di masa lalu, misalnya sebulan lalu, setahun lalu, bahkan bisa juga di cek beberapa jam lalu.

Ciri-Ciri Topik Blog Yang Baik

Dari 8 cara yang saya beritahukan di atas saat mencari topik blog yang menarik untuk pemula, seharusnya Anda sudah mengantongi beberapa topik untuk digarap di blog Anda kan ? Kalau belum, silahkan cari dulu ya.

Dari topik-topik yang Anda kumpulkan, pastikan bahwa sudah memenuhi sebagian besar poin-poin yang saya sebutkan di bawah ini ( ngga harus semua poin ).

1. Anda Suka / Kuasai

Ini penting. Anda ngeblog bukan hanya untuk sehari atau sebulan, tapi untuk jangka waktu yang lama kan ? Jadi pastikan topiknya Anda kuasai, atau minimal Anda sukai.

Semua yang dikerjakan dengan dasar suka / menguasai, bisa dipastikan akan lebih mudah, lebih bersemangat, dan tentunya bisa lebih konsisten dalam prosesnya.

2. Bertahan Lama

Topik blog yang menarik dan bertahan lama lebih mudah untuk dikelola. Misalnya tema tentang kesehatan rambut, informasi dan tips-tips nya cenderung ngga pernah berubah sejak dulu kan ?

Kalau Anda memilih topik yang cepat berubah, semisal teknologi, maka konsekuensinya Anda harus mampu untuk selalu update berita terbaru dan memproduksi artikel-artikel hangat di blog Anda.

3. Bermanfaat Untuk Pembaca

Ini adalah poin penting yang harus Anda penuhi. Pastikan blog Anda bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Tidak hanya sekedar informasi belaka.

4. Diminati Banyak Orang

Jangan karena Anda menyukai sebuah topik tertentu lantas menutup mata. Pastikan topik tersebut memang diminati banyak orang, bukan hanya Anda. Percuma Anda ngeblog konsisten kalau ternyata topiknya jarang dicari orang kan ?

5. Banyak Saingan

Kok malah nyari topik yang banyak saingannya ? Yap, Anda ngga salah baca. Semakin banyak saingan artinya topik tersebut memang “gurih”, makanya banyak blogger yang membahas topik tersebut.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih topik tersebut, biasanya akan lebih mudah untuk populer, sekaligus juga jauh lebih sulit untuk bersaing karena banyaknya pemain di topik yang sama.

6. Menghasilkan Uang

Fokus utama ngeblog memang untuk memberikan manfaat kepada pembaca. Titik. Namun ngga naif juga kalau Anda ( dan saya ) ingin membuat blog yang menghasilkan uang, entah dari iklan, jualan online, ataupun cara-cara lainnya.

Jadi pastikan topik blog yang sudah Anda pilih bisa di monetasi untuk dijadikan pundi-pundi rupiah di kemudian hari ya.

Contoh Topik Blog Populer

Sudah mulai terbayang akan memilih topik yang seperti apa saat membuat blog kesayangan Anda ? Di bagian akhir saya akan menambah lengkap informasinya, dengan memberikan beberapa topik blog yang paling banyak dikunjungi.

1. Berita Unik

Konten-konten berisi berita unik, lucu ( dan terkadang hoax ) memang masih menjadi primadona di Indonesia. Anda tengok saja semisal Boombastis.com dengan artikel-artikel uniknya yang banyak diminati.

2. Teknologi

Sudah jadi rahasia umum bahwa tema teknologi adalah salah satu yang banyak diminati. Banyak penggila teknologi di Indonesia yang haus akan berita-berita terbaru seputar teknologi-teknologi baru yang terus bermunculan tiada hentinya.

3. Artikel Listicle

Artikel berjenis listicle juga sering menjadi viral di media sosial. Contoh saja misalnya artikel “Daftar 5 orang termiskin di dunia” dan artikel-artikel berjenis “daftar” lainnya.

4. Tutorial

Tau WikiHow ? Sebuah website berisi tutorial apapun, dengan jutaan pengunjung yang membacanya setiap hari. Seperti yang saya katakan, bahwa topik blog yang baik salah satunya adalah yang memberikan manfaat untuk pembaca.

5. Fashion

Wanita sangat menyukai perkembangan fashion. Topik blog seputar fashion di dominasi oleh konten-konten artikel bertabur foto seputar fashion, seperti model baju terbaru, sepatu terbaru, dan lain sebagainya.

6. Travelling

Siapa yang ngga suka liburan ? Saya yakin ngga ada. Oleh karena itu, blog bertema travelling sangat disukai oleh pembaca. Meskipun ngga sedang liburan, minimal pembaca merasa terhibur saat membaca keindahan sebuah tempat wisata yang sedang diulas blog-blog bertopik travelling.

7. Kuliner

Kumpulan artikel-artikel resep masakan sangat disukai kaum hawa, karena bisa langsung dibaca sambil di praktekkan. Kembali lagi pada poin bahwa “topik blog yang baik harus memberikan manfaat untuk pembacanya”.

8. Lifestyle

Gaya hidup seolah sudah jadi kebutuhan primer setiap orang. Oleh karenanya, blog-blog yang membahas seputar gaya hidup dari berbagai sudut pandang, seringkali mendapat tempat yang cukup populer di kalangan para pembaca.

9. Bisnis & Kewirausahaan

Dunia teknologi dan internet semakin maju, dan berdampak kepada bisnis online yang semakin berkembang tanpa bisa dihentikan. Blog-blog yang kerap membahas seputar bisnis online saat ini sangat diminati oleh semua kalangan.

10. Gaming

Senada dengan blog bertema teknologi, blog yang secara spesifik membahas segala sesuatu tentang dunia game sangat populer di kalangan remaja. Terutama game online yang kian menjamur dan menjadi candu pecinta game.

Penutup

Demikian pembahasan yang cukup lengkap tentang cara menentukan topik blog yang menarik dan sering dikunjungi, beserta beberapa ciri dan contoh-contohnya.

Harapan saya, setelah membaca artikel ini Anda sudah mengantongi sebuah topik terbaik yang akan mulai di bahas di blog tercinta Anda.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.