Cara Belajar SEO Untuk Pemula

Mau mendapatkan traffic banyak setiap hari. Mau memperoleh penjualan stabil tanpa harus banyak promosi. Mau gajian dari Adsense tiap bulan. Kira-kira itulah beberapa alasan kenapa orang belajar SEO.

Yap, termasuk saya pribadi juga pasti menyertakan alasan-alasan di atas jika ditanya kenapa saya mempelajari SEO. Karena sejatinya, bicara SEO artinya bicara tentang traffic dan konversi.

Menurut saya, hampir semua orang yang berprofesi sebagai Blogger pasti mengerti tentang SEO. Atau minimal tau. Karena jumlah traffic yang tinggi adalah dambaan semua Blogger.

Lalu apa sih sebenarnya SEO itu ?

SEO kependekan dari Search Engine Optimization, yakni aktivitas mengoptimasi konten agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari ketika pengunjung mengetik kata kunci tertentu.

Sederhananya, Anda mengoptimasi bagian-bagian tertentu artikel Anda dan juga blog Anda secara keseluruhan, agar algoritma mesin pencari Google menyukai blog dan artikel Anda.

Sehingga, saat pengunjung mengetikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan isi artikel Anda, diharapkan algoritma Google akan menempatkan artikel Anda di halaman pertama pencarian.

Belajar SEO Dasar Mulai Dari Mana ?

Menurut saya SEO itu sebuah seni. Ada 200+ faktor yang mempengaruhi peringkat sebuah artikel di mesin pencari, dan tidak ada yang tau pasti apa saja faktornya selain Google sendiri.

Jadi semua upaya optimasi SEO sifatnya sebatas untuk mendekati kriteria tertentu yang diinginkan Google menurut pandangan subjektif para pakar SEO. Makanya saya bilang SEO itu seni.

Dalam prakteknya, ada cukup banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang SEO. Apalagi ada banyak sekali “aliran” SEO yang beredar di internet, dengan teknik unggulannya masing-masing.

Saya akan coba merangkum dan menyederhanakan hal-hal dasar apa saja yang perlu Anda pelajari jika ingin mengenal SEO lebih dalam.

1. Mindset Belajar SEO

Poin yang pertama adalah mindset. Seperti yang saya bilang di atas, SEO itu sebuah seni. Memang ada beberapa pola teknik yang sudah terbukti hasilnya.

Namun pergerakan peringkat di mesin pencari tidak bisa di prediksi dengan pasti. Sudah banyak kasus konten yang tiba-tiba menghilang dari halaman satu ke antah berantah.

Karena SEO begitu dinamis, Anda harus memiliki mindset untuk mau terus bereksperimen, dan mengukur hasilnya. Dengan begitu, Anda akan menemukan “gaya” SEO versi Anda sendiri.

2. Belajar Riset Kata Kunci

SEO itu tentang bagaimana artikel Anda bisa muncul di halaman pertama ketika ada pengunjung mengetikkan kata kunci yang Anda targetkan.

Artikel Anda hanya bisa muncul jika ada kata kunci yang diketik. Ngga ada cara lain. Jadi sudah keharusan bagi Anda untuk bisa riset kata kunci. Dimulai dari yang paling sederhana aja.

Anda harus bisa menggunakan Google Keyword Planner atau Ubersuggest milik Neil Patel. Ketikkan 1-2 kata yang mewakili topik yang Anda incar, nanti akan muncul banyak kata kunci turunannya.

Contoh riset keyword belajar seo
Contoh riset keyword

Misalnya, saya mengetikkan kata kunci “belajar SEO” dan muncul beberapa turunannya. Akhirnya saya hanya memilih beberapa keyword saja untuk dijadikan dalam satu artikel, yaitu :

  • Belajar SEO gratis.
  • Belajar SEO untuk pemula.
  • Belajar SEO otodidak.
  • Cara belajar SEO.
  • Tempat belajar SEO.

Lihat, keempat kata kunci diatas bisa dijadikan satu topik artikel. Sesederhana itu. Nanti di tahap lanjut Anda perlu belajar riset persaingan, dan lainnya.

Baca : Belajar riset keyword dengan praktis.

3. Belajar Menulis Artikel

Yang di optimasi menggunakan SEO adalah konten. Bisa artikel, atau video. Dalam konteks ini saya fokuskan ke artikel. Konsep SEO modern adalah : Artikel yang disukai pengunjung PASTI disukai Google.

Jadi sudah seharusnya Anda belajar membuat artikel berkualitas. Belajar memahami bagaimana kriteria artikel yang disukai pengunjung. Bagaimana kriteria artikel yang baik untuk SEO.

Iya saya tau, artikel bisa order ke penyedia jasa. Tapi setidaknya Anda harus paham dasarnya dulu. Jadi nanti ketika order artikel Anda tau bagaimana harus mengedit dan mengoptimasinya.

4. Mengerti Ilmu Programming

Anda ngga harus jago, tapi minimal harus tau. Ada beberapa kebutuhan SEO yang terkait dengan pemrograman. Misalnya meletakkan kode Google Analytics sebelum tag </head>.

Apa itu tag </head> ? Dimana letaknya ? Kalau Anda buta tentang ilmu programming, akan kesulitan nantinya. Dan masih banyak lagi hal SEO lainnya yang berkaitan dengan pemrograman.

Misalnya hasil evaluasi kecepatan blog Anda, ada poin yang jelek. Cara memperbaikinya adalah dengan minifying kode HTML, CSS dan JS pada theme blog Anda. Nah lho, apa lagi ini ? Hehe.

Selain itu, kalau Anda lumayan jago, Anda jadi bisa tau theme apa saja yang sekiranya struktur kodenya clean dan bagus untuk SEO.

5. Mengenal Istilah-Istilah SEO

Mau nikahin si dia ? Ya harus kenal dan akrab dulu sama orang tuanya, adik kakaknya, dan saudara-saudara dekatnya. Dalam proses belajar SEO website juga sama aja konsepnya.

Minimal Anda harus paham istilah-istilah seperti backlink, anchor text, SERP, keyword, meta description, LSI, dan masih banyak lagi. Anda harus “tenggelam” ke dalamnya agar cepat paham.

6. Paham Konsep SEO On Page

Kalau ditarik garis besarnya, SEO itu hanya tentang 3 hal : artikel berkualitas, on page, dan off page. Jadi apa itu On Page SEO ? Adalah aktivitas optimasi yang dilakukan di dalam blog Anda.

Misalnya meletakkan keyword di paragraf awal artikel. Optimasi ukuran gambar di dalam artikel. Menggunakan alt tag untuk semua gambar. Optimasi kecepatan blog.

Semuanya dilakukan di dalam blog Anda dengan tujuan agar blog dan artikel Anda lebih SEO friendly. Itulah yang disebut dengan On Page SEO. Saya akan membahasnya lebih detail di artikel terpisah.

7. Paham Konsep SEO Off Page

Berlawanan dengan On Page, maka Off Page SEO adalah semua aktivitas optimasi SEO di luar blog Anda. Kalau konsep sebenarnya, Off Page SEO ini ngga di optimasi dengan sengaja, tapi terbangun dengan sendirinya karena kualitas artikel / blog Anda memang bagus.

Contohnya, banyak blogger lain akhirnya mereferensikan blog / artikel Anda, dengan cara menanam link di dalam artikel mereka yang jika di klik maka akan mengarah ke artikel Anda.

Google menangkapnya sebagai sinyal positif bahwa artikel Anda berkualitas, karena banyak blogger lain yang memberikan backlink. Akhirnya artikel Anda menempati posisi yang bagus di SERP.

Inilah konsep Off Page SEO yang sebenarnya. Backlink ke blog Anda terbentuk secara natural, bukan dibuat-buat supaya artikel Anda dianggap bagus oleh mesin pencari Google.

8. Evaluasi Hasil Optimasi SEO

Saya sudah bilang di atas, bahwa SEO itu sangat dinamis. Jadi pastikan saat mempelajari SEO Anda memiliki mindset yang kuat untuk terus bereksperimen, mengukur dan mengevaluasi setiap hasilnya.

Dengan begitu naluri Anda akan semakin terasah. Anda jadi tau, jenis artikel apa yang disukai pembaca. Cara optimasi On Page bagaimana yang berdampak buruk untuk SEO. Dan lain sebagainya.

9. Mengenal Tools Untuk SEO

Ada banyak banget tools yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan optimasi SEO. Misalnya tools riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Semrush, ataupun Ahrefs.

Atau tools untuk riset persaingan, mengintip backlink kompetitor, riset pergerakan kata kunci, dan banyak lainnya. Contoh tools yang cukup terkenal antara lain Ahrefs dan Semrush.

Dengan mengenal tools SEO bisa mempercepat kinerja Anda dalam mengoptimasi dan mengevaluasi hasilnya. Selain itu tentu lebih akurat dibanding Anda hanya mengira-ngira.

Persiapan Belajar SEO WordPress

Udah mulai kebayang, apa saja yang harus Anda pelajari untuk bisa memahami SEO ? Nah, sekarang saya akan memberitahukan beberapa langkah praktis yang bisa langsung Anda lakukan.

1. Sudah Memiliki Website

SEO itu identik dengan website. Jadi pastikan Anda sudah membuat blog atau website ya. Entah itu web toko online, blog seperti Ngetik.id, atau jenis web lainnya. Yang penting web beneran, yang udah ada kontennya.

Kalau web masih kosongan ya di isi dulu lah kontennya, entah itu halaman produk maupun artikel-artikel. Di awal tadi saya sudah jelaskan bahwa Anda harus paham riset keyword dan membuat artikel.

2. Integrasi Google Analytics

Pastikan Anda sudah memasang Google Analytics di website Anda. Melalui Analytics akan banyak sekali data-data yang bisa dipelajari dan berguna untuk evaluasi SEO web Anda.

Contohnya, Anda bisa melihat perkembangan jumlah pengunjung. Anda bisa tau halaman mana yang paling banyak dikunjungi. Anda bisa tau mayoritas pengunjung menggunakan device apa. Dan banyak lagi.

Untuk awal-awal yang penting pasang aja dulu. Analytics itu buanyak banget fiturnya. Anda bisa mempelajarinya pelan-pelan.

3. Integrasi Google Webmaster

Selain Analytics, Anda juga wajib menyambungkan web Anda dengan Google Webmaster. Tool gratis milik Google ini berguna banget untuk menganalisa kesehatan website Anda.

Sebagai contoh salah satu fiturnya, Anda bisa tau website Anda mendapatkan pengunjung terbanyak dari keyword apa. Anda juga bisa tau jika ada halaman web yang ngga mobile friendly.

4. Menggunakan Plugin SEO

Banyak perdebatan tentang penting atau tidaknya menggunakan plugin SEO. Menurut saya penting, malah sangat penting. Plugin SEO sangat membantu membangun pondasi SEO web Anda.

Kalau pondasi internalnya sudah baik, ditambah dengan konten berkualitas, insya Allah akan memudahkan Anda untuk bersaing di halaman pertama.

Saya merekomendasikan Yoast SEO. Anda bisa melakukan beberapa pengaturan Yoast SEO agar On Page SEO website Anda baik dan optimal.

Baca : Cara setting plugin Yoast SEO terbaru.

5. Beriklan di Google Ads

Poin kelima mungkin sedikit bikin bingung. Mau belajar SEO untuk pemula kok malah disuruh ngiklan ? Hehe. Kalau Anda ada budget lebih, saya sarankan untuk beriklan. Efeknya apa ?

Pertama, konten Anda jelas bisa masuk halaman pertama dengan cepat karena beriklan, jadi bisa mendapatkan pengunjung secara instan.

Kedua, di dalam dashboard Google Ads ada fitur Search Terms, yang akan menunjukkan keyword-keyword apa saja yang menyumbang pengunjung ke halaman yang sedang Anda iklankan.

Kumpulan keyword tersebut adalah data yang sangat penting. Anda jadi tau apa tepatnya kata kunci yang biasa diketik user ketika mencari sesuatu yang berhubungan dengan artikel Anda.

Tempat Belajar SEO Gratis

Sudah tau apa yang harus dilakukan untuk mulai mendalami SEO kan ? Nah, saya juga akan membagikan beberapa referensi tempat belajar ilmu SEO yang menurut saya berkualitas.

Penilaian ini subyektif sebatas yang saya tau saja ya. Kalau ada website pakar SEO yang tidak tercantum di bawah ini, bukan karena mereka ngga bagus. Tapi karena saya aja yang belum tau.

1. Backlinko

Web besutan Brian Dean ini sangat berkualitas. Setiap artikel membahas topiknya sangat detail dan lengkap. Ada banyak insight yang bisa Anda dapatkan dari web Backlinko.com.

Website ini juga banyak mendapat backlink natural dari pembacanya, karena memang kontennya berkualitas. Jadi banyak orang yang mereferensikan Backlinko, termasuk yang saya lakukan sekarang.

2. Moz Blog

Pelopor metriks DA ( Domain Authority ) dan PA ( Page Authority ) ini sudah lama dikenal, dan merupakan salah satu portal berita SEO terbesar. Anda bisa menemukan informasi SEO terbaru disini.

Kunjungi website nya di Moz.com/blog.

3. Neil Patel

Senada dengan Dean Brian, maka Neil Patel pun salah satu pakar SEO terbaik dunia. Website nya Neilpatel.com banyak membahas studi kasus dan informasi menarik tentang SEO dan mesin pencari.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tool gratis milik Neil Patel, salah satu diantaranya yang cukup terkenal adalah Ubersuggest, sebuah tool lengkap untuk riset kata kunci.

4. Ahrefs Blog

Ahrefs adalah perusahaan pembuat software SEO ternama yang memiliki segudang fitur, salah satu fiturnya adalah bisa mengintip daftar backlink yang digunakan oleh website kompetitor.

Blog yang dikelola Ahrefs banyak mengangkat topik-topik SEO dari berbagai sudut pandang, dan tidak melulu promosi kelebihan tool mereka. Itulah yang saya suka dari blog Ahrefs.

Anda bisa mengunjunginya di Ahrefs.com/blog.

5. Detailed

Ini adalah website milik Glen Allsopp yang juga pemilik ViperChill.com. Di dalam Detailed.com cukup banyak di ulas studi-studi kasus yang mereka lakukan, dan memunculkan banyak insight berharga.

6. Search Engine Journal

Jurnal yang membahas tentang mesin pencari ini di update setiap hari dengan berita-berita terbaru. Jadi kalau Anda bergelut di bidang SEO, saya sarankan untuk sering mengunjungi Searchenginejournal.com.

7. SE Round Table

Mirip dengan yang atas, Search Engine Round Table, atau lebih akrab dikenal dengan Seroundtable.com juga selalu update berita dan peristiwa terbaru terkait mesin pencari dan SEO.

8. Ads.id

Kalau 7 poin sebelumnya adalah rujukan website belajar ilmu SEO berbahasa Inggris, maka mulai dari sini saya juga akan mereferensikan beberapa website lokal berkualitas seputar SEO.

Diawali dengan Ads.id, sebuah forum tua yang diisi oleh banyak pakar internet marketer, termasuk juga para praktisi SEO. Jadi sudah semestinya Anda mampir ke forum ini.

9. PanduanIM

Ini adalah website dengan bahasan SEO berbahasa Indonesia paling lengkap dan terstruktur menurut saya. Meskipun artikel-artikelnya terbitan lama, namun sebagian besar masih sangat relevan.

PanduanIM.com dikelola oleh mas Darmawan. Selain tentang SEO, Anda juga bisa belajar banyak hal lainnya seputar internet marketing.

10. MastahSEO

Website yang dikelola seorang pemuda bernama Airul, seorang praktisi SEO sejak 2011 silam. Artikel-artikelnya sangat berbobot, dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

Banyak website yang dikelola MastahSEO.com merajai halaman pertama pencarian, membuktikan bahwa skill mas Airul dan tim memang ngga diragukan lagi. Anda wajib belajar disini.

11. Ibrahim Vatih

Mas Ibrahim Vatih adalah pemilik sekaligus pengelola pondok pesantren Sintesa. Melalui website Vatih.com beliau banyak membagikan insight penting seputar SEO.

Bahkan Anda juga bisa belajar optimasi SEO dengan beliau melalui materi-materinya di blog ataupun Revorma Premium. Beliau sudah saya anggap sebagai salah satu guru SEO yang terbaik.

12. Irvan Taufik

Yang terakhir, namun ngga kalah kualitasnya. Di dalam website Irvantaufik.me beliau banyak menuliskan studi kasus yang dilakukan sendiri, lengkap dengan hasil dan perkembangannya.

Kadangkala ada beberapa studi kasus yang unik, di luar sudut pemikiran saya. Jadi saya yakin akan banyak banget hal penting dan berharga yang bisa Anda pelajari di dalam blog beliau.

Penutup

Nah, itulah pembahasan yang cukup lengkap untuk membantu Anda agar tau cara belajar SEO mulai dari mana. Sekali lagi, SEO adalah sebuah seni, jadi dibutuhkan analisa dan kreatifitas.

SEO memang jadi salah satu jalan Anda agar bisa menghasilkan uang dari blog. Namun sebelum berpikir ke sana, pastikan Anda sudah memahami & praktek cara optimasi SEO.

Saya pun masih dalam tahap mempelajari hal-hal seputar SEO dan mempraktekkannya. Jadi kalau Anda punya pertanyaan atau kendala, yuk diskusikan di kolom komentar.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.