3+ Cara Instalasi Plugin WP

Kelebihan lain dari WordPress.org selain pilihan tema yang melimpah, juga didukung oleh plugin dengan berbagai fungsi. Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara install plugin WordPress.

Plugin merupakan elemen yang penting di dalam blog Anda. Tugas utamanya adalah menambahkan fitur-fitur tertentu yang ngga ada di dalam dashboard WordPress, seperti mengkompres gambar misalnya.

Plugin ada yang berbayar, banyak juga yang gratis dalam proses membuat blog sederhana dan mengoptimasinya. Saya akan membagikan 3 metode install plugin di WordPress.

Cara Install Plugin WordPress

1. Melalui Direktori WordPress

Cara pertama sekaligus yang termudah adalah install dan aktifkan plugin otomatis dari direktori resmi WordPress yang menyediakan ribuan plugin gratis yang bisa Anda manfaatkan.

1.1. Masuk Dashboard

Yang pertama kali perlu dilakukan tentu saja Anda harus login dan masuk ke dashboard WordPress blog Anda.

Login dashboard WordPress
Login dashboard WP

1.2. Masuk Menu Plugin

Saat sudah di dalam dashboard, silahkan masuk ke menu Plugins >> Add New, maka akan tampil sebuah halaman baru seperti di bawah ini.

Halaman direktori plugin
Halaman direktori plugin

1.3. Install dan Aktifkan

Hampir sama dengan cara mengganti tema, Anda bisa memilih plugin dari kategori Featured, Popular, Recommended, dan Favorites, atau mengetik langsung namanya di kolom kanan atas.

Mencari dan install plugin
Mencari plugin

Misalnya Anda mencari plugin All in One SEO Pack, jika sudah muncul silahkan klik Install Now. Jika sudah selesai tulisannya akan berubah menjadi Activate. Silahkan Anda klik saja. Maka plugin Anda sudah resmi aktif.

Baca : Panduan setting plugin Wordfence.

2. Upload Manual File Plugin

Cara kedua yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengupload manual file plugin. Biasanya beberapa plugin berbayar menyediakan file berbentuk .Zip yang harus Anda upload secara manual.

2.1. Masuk Dashboard

Langkah awal yang harus dilakukan silahkan masuk ke dashboard WordPress. Caranya sama dengan install plugin melalui direktori resmi WordPress ya.

2.2. Masuk Menu Plugin

Di dalam dashboard silahkan Anda masuk ke menu Plugins >> Add New hingga terbuka halaman baru berisi kategori dan daftar plugin.

2.3. Upload File Plugin

Perbedaan langkahnya ada disini. Silahkan Anda klik di bagian kiri atas bertuliskan Upload Plugin. Anda akan dibawa menuju ke halaman baru.

Cara manual upload plugin
Upload file plugin

Di halaman upload seperti gambar di bawah ini silahkan Anda upload file plugin berekstensi .Zip ya. Ngga perlu di ekstrak. Lalu klik Install Now. Jika proses selesai, klik Activate.

Cara upload file plugin
Pilih file plugin

3. Upload File Melalui FTP

Cara install plugin WordPress yang terakhir disebut ini hanya alternatif saja, jika Anda mengalami kendala melakukan 2 cara di atas. Dengan cara ini Anda akan memasukkan file plugin melalui file manager.

Baca : Panduan membuat menu & sub menu.

3.1. Masuk ke cPanel

Langkah pertama kali yang perlu Anda lakukan silahkan masuk ke dalam cPanel hosting Anda, seperti gambar di bawah ini.

Halaman login cPanel
Login cPanel

3.2. Masuk File Manager

Jika sudah berada di dalam cPanel, silahkan Anda masuk menu File Manager. Letaknya ada di deretan paling awal dan langsung terlihat.

Masuk menu file manager
Masuk File Manager

3.3. Cari Folder Plugin

Di dalam File Manager silahkan cari folder Plugin. Anda bisa menemukannya pada direktori public_html/wp-content/plugins seperti gambar di bawah ini.

Cara install plugin WordPress melalui FTP
Cari folder Plugins

3.4. Upload File Plugin

Jika sudah ketemu, klik Upload yang berada pada menu di deretan atas. Anda akan dibawa ke halaman baru seperti gambar di bawah.

Proses upload file plugin
Proses upload file plugin

Silahkan klik Select File dan cari file plugin di dalam laptop Anda. Pastikan ekstensi file tersebut adalah .Zip. Tunggu sampai proses 100%.

Kembali ke halaman File Manager dan silahkan refresh halamannya. Harusnya sudah muncul file plugin yang baru sana Anda upload. Silahkan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Extract.

Cara ekstrak file plugin
Extract file plugin

3.5. Aktifkan Plugin

Langkah selanjutnya silahkan Anda login ke dashboard WordPress, lalu masuk ke menu Plugins >> Installed Plugins. Seharusnya plugin yang baru sudah ada disana. Anda tinggal klik Activate, dan selesai.

Penutup

Begitulah 3 cara install plugin WordPress yang cukup sederhana dan bisa Anda lakukan dengan cepat. Jadi Anda sudah mulai bisa memilih plugin WordPress terbaik yang akan Anda gunakan di blog.

Saran saya, selalu install plugin dari direktori resmi WordPress, atau membeli plugin berbayar dari web resminya. Jangan sekali-kali menggunakan plugin yang ngga jelas asal muasalnya.

Resiko terbesarnya adalah plugin tersebut sudah di sisipi sejenis malware yang bisa menginfeksi dan merusak blog Anda begitu plugin tersebut diaktifkan. Jadi Anda wajib hati-hati ya.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.