Membuat Menu & Sub Menu

Cukup sepele, namun ternyata ada beberapa orang yang belum paham betul bagaimana cara membuat menu di WordPress dengan baik. Apalagi sampai membuat sub menu atau sidebar menu.

Melalui tulisan ini saya akan sedikit berbagi tentang tips dan langkah-langkah seputar pembuatan menu dan sub menu secara praktis saat Anda membuat blog WordPress.

Website dan blog pada umumnya memiliki menu di 2 posisi yaitu Header dan Footer. Dan kebanyakan isi menu tersebut adalah halaman statis ( kontak, tentang kami, disclaimer ) atau kategori artikel.

Cara Membuat Menu di WordPress

Oke langsung aja masuk ke langkah-langkah yang perlu dilakukan saat Anda hendak membuat menu baru di blog berbasis WordPress. Silahkan masuk ke Appearance >> Menu di dashboard Anda.

1. Membuat Menu Baru

Sudah di dalam halaman menu, langkah berikutnya silahkan create new menu (1), kemudian beri nama menunya (2), dan terakhir silahkan klik tombol Create Menu (3). Mudah kan ?

Membuat menu baru di WordPress
Membuat menu di WordPress

2. Lokasi Menu Ditampilkan

Menu baru sudah jadi. Sebelum mengisi menu tersebut, tentukan di mana menu ini akan tampil. Lazimnya sih kalau ngga di Header ya Footer. Seperti gambar di bawah ini, saya memilih Header.

Memilih letak menu ditampilkan
Letak menu ditampilkan

3. Menambahkan Isi Menu

Menu baru di Header sudah siap untuk diisi. Lihat kolom di sebelah kiri, Anda bisa menambahkan Post, Page, Category, atau custom link ke dalam tampilan menu Anda.

Seperti yang saya bilang, biasanya menu diisi oleh halaman-halaman statis seperti kontak, tentang saya, atau halaman kategori yang berisi banyak artikel.

Pada gambar di bawah ini saya mencontohkan dengan menambahkan Page ke dalam menu. Beri ceklis Page yang ingin dimasukkan (1), klik Add to Menu (2), dan klik Save Menu (3). Hasilnya Page sudah ada di dalam menu (4).

Menambahkan Page ke dalam menu WordPress
Menambahkan isi menu

4. Mengubah Urutan Menu

Anda juga bisa mengubah urutan menu. Urutan menu dari atas ke bawah sama dengan urutan dari kiri ke kanan kalau di dalam tampilan blog aslinya . Caranya mudah, klik dan tahan, lalu geser ke atas / bawah isi menu yang ingin dipindah.

Cara mengubah urutan menu di WordPress
Mengubah urutan menu

5. Mengganti Nama Menu

Kadangkala sebuah Page atau Post terlalu panjang judulnya kalau dimasukkan ke dalam menu. Jadi Anda bisa merubahnya dengan kata yang lebih pendek.

Anda bisa klik tanda panah kecil di ujung menu (1) sampai terbuka pengaturannya, lalu ganti judulnya (2) dan terakhir jangan lupa klik Save Menu (3). Sangat mudah bukan ?

Cara mengganti nama menu
Mengganti title menu

6. Menghapus Isi Menu

Cara membuat menu di WordPress sudah Anda lakukan, tentu Anda juga bisa menghapusnya, misalkan jika ada kesalahan atau menu sudah ngga terpakai lagi. Untuk menghapus salah satu isi menu, lihat gambar di bawah ini.

Pilih Page yang akan di hapus, klik Remove, lalu klik Save Changes. Maka yang terhapus hanya 1 isi menu saja, bukan seluruh menu.

Cara menghapus salah satu isi menu
Menghapus salah satu isi menu

Kalau Anda ingin menghapus seluruh menu ( misalkan karena sudah ngga terpakai lagi ) maka Anda bisa memanfaatkan fitur Delete Menu di bagian paling bawah. Seluruh menu dan isinya akan hilang.

Cara menghapus menu di WordPress
Menghapus keseluruhan menu

Sampai disini selesai sudah panduan membuat menu baru. Sangat mudah, semudah cara install plugin WordPress di blog Anda kan ? Tinggal klik, klik, klik, dan selesai.

Membuat Sub Menu di WordPress

Pernah melihat menu yang jika diarahkan kursor mouse maka menu tersebut mengeluarkan list menu lainnya di dalamnya ? Itulah yang dinamakan Sub Menu dengan tipe Dropdown.

Cara membuat sub menu di WordPress pun sangat mudah. Lihat gambar di bawah ini. Isi menu yang ingin diletakkan di dalam menu utama digeser agak ke kanan. Jadi seperti hierarki bentuknya.

Cara membuat sub menu di WordPress
Membuat sub menu di WordPress

Anda bebas memasukkan berapapun sub menu di dalam menu utama. Tapi saran saya sih ngga lebih dari 5 sub menu, karena tampilannya akan jelek kalau di buka dari smartphone.

Bagaimana, cara membuat menu di WordPress yang saya bagikan di atas cukup simple kan ? Buatlah menu terbaik agar meningkatkan user experience ketika pengunjung menjelajahi isi blog Anda.

Vote Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel ini :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan vote rendah.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.