Membuat Halaman Disclaimer

Bagaimana cara membuat Disclaimer yang baik untuk sebuah blog, khususnya di WordPress ? Tulisan singkat saya kali ini akan memberitahu Anda langkah-langkah praktisnya.

Sederhanya, Disclaimer adalah sebuah halaman yang berisi pernyataan bahwa semua konten yang terdapat dalam sebuah blog Anda sifatnya hanya sebatas informasi, dan Anda selaku pemilik blog tidak bertanggung jawab atas kelengkapan informasi yang disampaikan.

Penting ngga penting sih. Biasanya halaman Disclaimer juga letaknya nyempil di Footer blog, dan tulisannya kecil. Saya yakin jarang orang yang baca. Tapi tetap saya sarankan blog Anda memiliki halaman ini.

Pada praktek nyatanya, halaman ini paling bermanfaat kalau Anda sedang membuat blog untuk menampilkan iklan dari Google Adsense. Kalau ngga ada halaman ini, biasanya pengajuan blog Anda pasti ditolak oleh pihak Google Adsense.

Kalau untuk website atau blog biasa, saya hampir ngga pernah baca halaman Disclaimernya. Sama sekali. Kalau Anda gimana ?

Cara Membuat Disclaimer di WordPress

Idealnya, Anda membuat isi halaman Disclaimer secara manual, menyesuaikan dengan konten dan kebutuhan blog Anda.

Namun sebagai jalan pintas, Anda juga bisa memanfaatkan website yang bisa membuat halaman Dicsclaimer secara otomatis. Silahkan Anda mengunjungi Privacypolicyonline.com.

Langkah pertama, di halaman utama silahkan klik pada menu Disclaimer Generator seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Masuk menu Disclaimer generator
Disclaimer generator

Langkah kedua, di halaman Disclaimer Generator silahkan mengisi data-data yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia, seperti contohnya pada gambar di bawah ini.

Mengisi data halaman Disclaimer
Mengisi data-data

Jika sudah silahkan klik tombol Generate Disclaimer. Anda akan di bawa ke halaman baru dengan hasil jadi Disclaimer untuk blog Anda dalam format HTML.

Langkah ketiga, buat halaman Disclaimer dengan menggunakan Page bukan Post. Karena halaman ini sifatnya statis. Lalu Anda bisa menampilkan halaman Disclaimer saat membuat menu Footer.

Hasil jadi Disclaimer blog Anda
Hasil jadi Disclaimer

Format awalnya adalah bahasa Inggris. Anda boleh tetap menggunakannya dalam bahasa Inggris, atau menerjemahkannya ke bahasa Indonesia seperti yang saya lakukan. Ini halaman Disclaimer blog Ngetik.id.

Saya juga sudah melakukan beberapa penyesuaian kalimat di dalamnya agar lebih cocok untuk kebutuhan blog ini. Saya sarankan Anda juga melakukan hal yang sama ya.

Demikian tulisan singkat tentang bagaimana cara membuat Disclaimer di WordPress. Pastikan blog Anda tetap tampil profesional, salah satunya dengan menyediakan halaman Disclaimer.

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.