Cara Membuat Privacy Policy

Pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana cara membuat Privacy Policy di blog Anda yang berbasis WordPress. Caranya cukup mudah dan sederhana dengan memanfaatkan web generator.

Sebelum masuk ke proses pembuatan, saya akan jelaskan apa sebenarnya Privacy Policy, yakni sebuah halaman yang berisi aturan dan kebijakan blog Anda yang harus ditaati oleh pengunjung.

Ada banyak informasi di dalamnya, seperti media periklanan yang bekerjasama dengan blog Anda, bagaimana blog Anda merekam data pengunjung yang masuk, dan banyak lagi.

Umumnya halaman ini diletakkan berdampingan dengan halaman Disclaimer di bagian bawah. Jadi saya yakin jarang pengunjung yang membacanya.

Namun tetap saja halaman ini harus dibuat, sama pentingnya ketika Anda membuat Disclaimer untuk blog Anda, yakni untuk profesionalitas, dan juga salah satu persyaratan untuk bisa diterima sebagai publisher Google Adsense.

Cara Membuat Privacy Policy

Oke, kita langsung masuk ke proses pembuatannya yang teramat mudah. Silahkan Anda masuk ke website Privacypolicyonline.com untuk membuat Privacy Policy dengan mudah.

Di halaman depan, akan tampil beberapa form yang harus Anda isi sebelum membuat Privacy Policy, seperti pada gambar di bawah ini.

Panduan membuat halaman privacy policy di blog
Cara membuat privacy policy

1. Site Information and Contact

Silahkan isi data-data yang berkaitan dengan blog Anda secara lengkap dan benar. Data ini diperlukan dalam untuk kelengkapan beberapa link yang akan disisipkan di dalam halaman Privacy Policy.

2. Cookies Options

Di bagian ini silahkan pilih Yes kalau blog Anda menggunakan cookies.

Baca : Cara memasang kode Google Analytics.

3. Advertisers On Your Site

Silahkan centang nama-nama media periklanan yang akan Anda gunakan dan ditampilkan di blog Anda. Untuk blog Ngetik.id kebetulan hanya menggunakan Adsense saja saat ini.

Jika sudah di isi dengan lengkap, silahkan klik Generate Policy di bagian kanan bawah. Anda akan di bawa ke halaman baru dengan tampilan detail Privacy Policy yang sudah jadi.

Di bagian kanan bawah klik Generate HTML for This Page lalu copy kodenya dan pindahkan di halaman baru yang sudah disiapkan di blog Anda.

Default Privacy Policy yang dibuat di sini adalah berbahasa Inggris. Kalau blog Anda berbahasa Indonesia, saran saya Anda mengubahnya juga jadi bahasa Indonesia, seperti halaman ini.

Bagaimana, sangat sederhana bukan mengikuti panduan cara membuat Privacy Policy di WordPress ? Saya sarankan Anda membuat halaman ini, toh ngga ada ruginya dan juga cukup mudah.

 

Diskusi Pembaca . . .

  1. maaf mas sebelumnya… untuk disclaimer dan privacy policy yg dibuat dengan generate itu tidak melanggar TOS adsense? mengingat sekarang untuk site review adsense susah untuk di approve. terimakasih

    Balas
    • Saya kurang tau mas, blm pernah baca detail TOS Adsense. Yang jelas blog2 saya sejauh ini Alhamdulillah aman.

      Dan Disclaimer & Policy nya tentu di edit2 lagi sedikit, dihilangkan jg link2 yg mengarah ke web generatornya.

      Jadi saya meyakini site review susah approved bukan karena disclaimer / policy nya. Ada banyak faktor lain yg lebih krusial diperhatikan Google, misal kualitas artikel, nilai bounce rate, jumlah daily visitor, dan faktor2 lainnya yg kita tdk tau.

      Balas

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. Jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.