12+ Cara Dapat Uang Dari Blog

Topik perbincangan seputar gimana cara mendapatkan uang dari blog seolah ngga pernah habis digerus zaman. Masih banyak orang yang mau sukses jadi Blogger. Nah, saya akan berbagi sedikit insight tentang hal ini.

Apalagi di era yang bernama beken “industri 4.0” ini semuanya serba digital. Batas-batas sudah semakin samar. Dengan adanya internet, ruang gerak setiap orang jadi jauh lebih luas, sehingga muncul peluang-peluang baru.

Cara mendapatkan uang dari internet
Dapat uang dari internet

Nih contohnya gambar di atas. Anda tau berapa harga balsem Geliga ? Hehe. Dengan adanya internet, semua orang bisa jual balsem Geliga ke seluruh dunia. Artinya, semua orang bisa melakukan lebih banyak hal berkat internet. Batas antara Anda dan belahan dunia lainnya hanyalah layar laptop.

Begitupun dengan blog. Anda bisa meraup pundi-pundi rupiah ( bahkan dolar ) dengan berprofesi sebagai Blogger. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan seorang Blogger supaya dapet duit ?

Langkah Penting di Awal

Sebentar. Sebelum ngobrolin peluang menghasilkan uang dari blog, ada beberapa catatan penting. Cari uang dari blog bukan perkara mudah. Ada perjalanan panjang yang harus Anda lewati.

Jadi kalau Anda berharap hasil instan, stop baca tulisan ini ya. Mending Anda cari bidang pekerjaan lain yang ( kalau ada ) bisa membantu Anda dapat penghasilan besar dalam waktu cepat & mudah.

Beberapa hal di bawah ini wajib untuk Anda jalani sebelum pada akhirnya bisa mendatangkan uang ke dalam rekening Anda.

Riset Blog Anda

Langkah pertama sudah jelas, riset & buat blog Anda. Di dalam artikel panduan membuat blog sudah saya jabarkan detail langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan sampai blog Anda rilis.

Langkah awal ini sangat krusial, karena akan jadi pondasi blog Anda. Kalau riset niche nya ngasal, bikin blog pakai tema yang buruk, tentunya akan mempengaruhi banyak hal dalam perjalanan ngeblog Anda ke depannya.

Mulai Fokus Menulis

Setelah blog Anda sudah beres, sudah di rilis, maka sekarang saatnya fokus menulis, menulis, dan hanya menulis saja. Buatlah konten yang paling berkualitas untuk pembaca blog Anda.

Saat menulis tentang cara membuat artikel berkualitas saya menjelaskan detail langkah demi langkah yang saya lakukan ketika membuat sebuah artikel. Mulai dari tahap riset sampai artikel terbit.

Di tahap ini baiknya Anda jangan dulu berpikir tentang uang. Percuma. Siapa Anda ? Blog masih baru, artikel masih sedikit, ngga ada yang kenal, gimana ceritanya mau dapet duit ?

Membangun Authority

Sambil terus menulis, Anda juga perlu untuk mulai membangun brand authority. Anda boleh membangun authority blog Anda, atau personal brand diri Anda sebagai praktisi ahli di niche blog yang sedang Anda garap.

Salah satu cara termudahnya adalah Anda perlu untuk sering membagikan tulisan-tulisan Anda ke media sosial, agar semakin banyak orang yang kenal dengan blog & pribadi Anda.

Authority yang baik akan berdampak positif terhadap banyak hal, seperti kepercayaan pembaca, dan tentunya juga berpengaruh saat Anda mulai mencari uang dari blog nantinya.

Optimasi Blog Anda

Di tahap keempat perjalanan Anda, seharusnya sih artikel blog Anda sudah cukup banyak. Branding blog / diri Anda juga sudah mulai terbentuk polanya. Sambil terus berjalan proses itu, kini saatnya melakukan optimasi.

Tujuannya hanya satu, meningkatkan jumlah kunjungan pembaca ke blog. Karena kalau Anda mau cari uang dari blog, artinya Anda butuh calon konsumen. Konsumen Anda adalah para pembaca setia tulisan di blog Anda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah kunjungan, salah satunya yang umum adalah melakukan optimasi SEO, agar artikel-artikel Anda bisa bertengger di halaman pertama Google.

Anda bisa belajar SEO secara otodidak, agar bisa melakukan optimasi blog secara mandiri & hemat biaya. Kalau pondasi blognya sudah benar, artikelnya berkualitas, insya Allah optimasi SEO nya ngga butuh effort besar.

Riset Target Pasar

Setelah melakukan 4 tahap di atas, harusnya sih blog Anda sudah mulai ramai. Sudah mulai ada kunjungan stabil per harinya, meskipun belum banyak ngga apa-apa. Minimal stabil dulu.

Di tahap ini Anda perlu mulai berpikir, kira-kira apa ya masalah-masalah umum yang dialami oleh para pembaca blog Anda ? Kira-kira solusi apa yang bisa Anda sediakan kepada mereka ?

Makanya, penting untuk riset niche & segmentasi target pembaca di tahap awal pembuatan blog. Jadi Anda punya data yang jelas, siapa pembaca blog Anda. Kalau sudah begitu, jadi lebih mudah cari tau kebutuhan mereka.

Kumpulkan Database

Proses pengumpulan database ini umumnya baru dilakukan saat Anda sudah mulai jualan. Tapi saat blog Anda belum dipakai cari uang, Anda juga bisa kok mulai membangun aset database.

Cara termudahnya adalah memasang kode Facebook Pixel. Jadi Anda memiliki rekaman data pengunjung blog, yang bisa “dihantui” penawaran Anda nanti melalui retargetting iklan facebook.

Cara lainnya, Anda bisa memasang form subscription, agar pengunjung blog Anda memasukkan data emailnya supaya bisa dapat notifikasi saat Anda menerbitkan artikel-artikel terbaru.

Pixel & email pengunjung adalah aset yang sangat berharga untuk modal Anda cari uang nanti. Jadi kumpulkan sebanyak mungkin.

Metode Monetisasi

Blog Anda sudah berjalan stabil, menulis artikel terus berjalan, Anda sudah mengantongi data-data target market, plus Anda sudah punya database pembaca, kini saatnya cari uang, hehe.

Anda perlu memilih, metode apa yang akan Anda gunakan sebagai “pintu” masuknya penghasilan Anda. Di bawah ini ada beberapa insight yang bisa Anda praktekkan, sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Ada beberapa cara yang pernah / masih saya lakukan, ada juga beberapa lainnya yang belum pernah saya coba, tapi saya tau ada yang sukses dengan metode tersebut. Jadi saya tulis disini juga.

1. Jualan Produk

Ini yang paling gampang. Anda bisa jualan produk yang sesuai niche blog Anda. Anda bisa buat produk sendiri, atau dropship / jadi reseller ( untuk tahap awal saya rekomendasikan ini ).

Anda bisa membuat halaman landing page baru untuk jualan produk ini, atau cukup meletakkan gambar produknya di Sidebar, untuk kemudian dialihkan transaksinya ke Whatsapp / Marketplace.

Contohnya blog Rayadventure.com, perhatikan di bagian Sidebar saya letakkan 2 gambar produk, yang jika di klik akan membawa Anda ke halaman penjualan di Marketplace.

Profit per produk 100.000. Kalau per hari ada 1.000 pengunjung, dan terjadi 1-3 penjualan aja per hari, maka berapa profit per bulannya ? Tanpa ada biaya promosi sama sekali. Murni dari SEO saja. Enak ya, kalau menghitung omset orang lain, hahaha.

2. Jualan Jasa / Skill

Barangkali Anda punya keahlian tertentu di bidang yang sama / berkaitan dengan niche blog Anda, bisa dimanfaatkan untuk cari uang. Contohnya ya blog Ngetik.id ini sendiri.

Tema blog ini adalah seputar WordPress dan Blogging. Akhirnya saya membuat beberapa halaman baru untuk jualan jasa. Anda bisa lihat di menu “layanan” di bagian atas blog ini.

3. Jualan Konten Blog

Saya jarang melihat Blogger melakukan ini. Tapi menurut saya sangat mungkin untuk dilakukan. Anda cukup menulis artikel rutin seperti biasa.

Namun untuk artikel-artikel tertentu yang super panjang, super lengkap, bisa Anda kunci menggunakan plugin WordPress. Nah, pengunjung yang ingin baca artikel tersebut diharuskan membayar.

Mungkin harganya ngga akan terlalu mahal. Tapi kalau pengunjung blog Anda terus meningkat, ya tinggal dikalikan aja jumlahnya. Toh ngga sulit juga. Anda cukup buat artikel sekali, bisa dijual berkali-kali kan ?

4. Membuka Workshop

Jika memang Anda merasa sangat mumpuni menguasai skill tertentu di niche blog Anda, boleh-boleh saja Anda membuka offline workshop, online course, webinar, maupun sejenisnya.

Disini peran authority / personal brand Anda juga cukup berpengaruh besar terhadap penjualan event. Jadi pastikan Anda sudah membangun brand sejak sebelum mulai cari uang.

5. Ikut Program Afiliasi

Sekilas program afiliasi itu enak. Anda cukup menyebar link afiliasi di semua artikel di blog. Jika ada pembaca yang klik & menuju ke halaman produknya, lalu tertarik & akhirnya beli, Anda dapat komisi per penjualan.

Enak kan ? Cuma modal link afiliasi aja.

Tapi pada prakteknya tetap aja ngga semudah itu Ferguso. Anda perlu memiliki traffic yang besar & tertarget. Selain itu, Anda juga harus cermat dalam meletakkan link, agar bisa memicu ketertarikan pembaca blog.

Jalan pintasnya sih Anda bikin aja landing page, isinya info produk, untuk pembelian klik tombol berisi link afiliasi. Nantinya landing page ini Anda iklankan dengan Social Ads / Google Ads untuk mendapatkan konsumen.

Ada cukup banyak program CPA marketing network mulai dari skala Nasional hingga Internasional. Seperti Dr.Cash, salah satu jaringan program afiliasi terbesar di dunia, yang kini memiliki 46 niche produk seputar kesehatan dan kecantikan yang bisa Anda pilih, dan mendukung berbagai metode pembayaran komisi melalui ePayments, PayPal, dan wire transfer.

6. Jadi Publisher Iklan

Google Adsense adalah nama program kerjasama periklanan besar melalui internet yang dikenal oleh semua Blogger, dan jadi salah satu program yang wajib diikuti oleh para Publisher.

Umumnya, ketika seorang Blogger mencari cara menghasilkan uang dari blog, hal pertama yang terpikirkan oleh mereka adalah menjadi Publisher Adsense. Padahal, cara mendapatkan uang dari Google Adsense itu berbanding lurus dengan traffic blog Anda.

Kalau jumlah kunjungan blog Anda masih imut-imut, mending jangan bergantung pada Adsense deh. Kecil banget dapetnya. Apalagi blog berbahasa Indonesia, penghasilan per klik dari Adsense cukup “mengenaskan”, berbeda dengan blog bahasa Inggris.

Jadi saya selalu menyarankan untuk memasang iklan Adsense di blog Anda, lalu abaikan. Jangan jadikan Adsense sebagai lumbung uang utama ( di tahap awal ). Mending jualan produk / jasa dulu, lebih cepat dapat uang.

7. Buka Slot iklan Mandiri

Kalau traffic harian dan bulanan blog Anda sudah sangat besar, biasanya sih udah ngga susah untuk cari uang. Malah kadang uang yang datang sendiri tanpa dicari. Artinya, akan banyak penawaran dan peluang yang masuk.

Salah satunya adalah, Anda bisa menyediakan slot iklan di beberapa posisi strategis di dalam blog Anda. Lalu tawarkan deh ke pelaku bisnis yang menurut Anda relevan dengan niche blog Anda.

Misalnya Rayadventure.com adalah blog dengan niche pariwisata & kuliner, saya menyediakan slot iklan mandiri, dan menawarkannya ke pelaku usaha travel, rental mobil wisata, dan pemilik rumah makan.

8. Jual Blog Yang Dibuat

Kalau Anda sudah ahli mendatangkan traffic dalam jumlah besar lewat optimasi SEO, Anda juga bisa berbisnis jual-beli blog lho. Anda buat blog, optimasi selama beberapa bulan, traffic sudah stabil, jual, lalu buat lagi blog yang baru dengan cara yang sama.

Hasilnya cukup menggiurkan. Untuk sebuah blog dengan penghasilan utama via Adsense, biasanya dihargai sekitar 30 kali lipat jumlah penghasilannya. Angka ini ngga baku sih, tergantung kesepakatan penjual & pembeli.

Tapi yang jelas, jualan blog itu hasilnya besar.

9. Menjadi Influencer

Kalau Anda sudah punya blog yang mulai besar & dikenal, plus personal brand Anda juga di bangun dengan baik, biasanya akan ada tawaran-tawaran masuk sebagai influencer, pembicara sebuah event, atau bahkan brand ambassador sebuah perusahaan.

Lumayan kan ? Anda “menjual” diri Anda berkat blog.

10. Menjadi Reviewer

Anda juga bisa jadi reviewer sebuah jasa, produk, maupun brand. Kalau tulisan-tulisan di blog Anda berkualitas, nyaman di baca, biasanya akan banyak yang menghubungi Anda untuk mengulas bisnis mereka.

11. Ikut Lomba Blogging

Ada cukup banyak kompetisi Blogging yang diselenggarakan di Indonesia setiap tahunnya. Anda bisa ikut kontes-kontes tersebut. Efeknya ganda kalau Anda menang. Dapat uang, dan dikenal orang.

Contoh Blogger yang memiliki banyak prestasi hasil mengikuti kompetisi Blogging adalah Priangga Otviapta. Anda bisa melihat daftar prestasinya sejak tahun 2014 hingga kini.

12. Menulis Buku

Ngeblog sejatinya adalah tentang menulis dan berbagi informasi. Kalau Anda menekuni dunia Blogging dengan serius, Anda terus mengasah kemampuan menulis, bukan ngga mungkin Anda bisa membuat buku.

Blog dan buku adalah 2 hal yang sejalan dan berdekatan. Ada cukup banyak penulis buku yang berawal dari ngeblog. Sebut saja yang cukup terkenal & sukses adalah Raditya Dika.

Blogger Yang Menghasilkan Uang

Nah, cukup banyak pilihan cara mendapatkan uang dari blog Anda agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, bahkan dolar. Namun rasanya informasinya kurang lengkap kalau ngga disertai dengan sosok para pelakunya yang sukses menempuh “jalan” ini.

Di bawah ini adalah sebagian kecil nama-nama Blogger besar yang saya tau bahwa mereka sukses mendapatkan uang, dan bermula dari aktivitas mereka menulis di blog secara konsisten.

1. Neil Patel

Siapa sih yang ngga kenal dengan orang ini ? Pemilik tool riset keyword gratis Ubersuggest ini dikenal sebagai salah satu pakar SEO terbaik di dunia. Banyak artikel & videonya yang membahas studi kasus seputar SEO terbaru.

Dari sekian banyak bisnis yang dijalaninya, salah satu yang saya tau adalah, beliau membuka jasa Digital Marketing Consulting. Jelas saja beliau buka jasa ini, karena sesuai dengan niche blog Neilpatel.com, dan sejalan dengan personal brand Neil Patel.

2. Brian Dean

Senada dengan Neil Patel, Brian Dean juga salah seorang pakar SEO yang sangat mengedepankan kualitas konten. Lihat aja Backlinko.com yang beliau kelola, setiap artikel yang terbit sangat-sangat mendalam pembahasannya.

Salah satu kran penghasilan Brian yang saya tau adalah dari Seothatworks.com, sebuah online course yang mengajarkan Anda untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog Anda, melalui blueprint yang di susun oleh Brian sendiri.

3. Syed Balkhi

Tau WPBeginner.com ? Blog super lengkap yang membahas apapun seputar Blogging, khususnya WordPress. Blog Ngetik.id juga terinspirasi dari sana. Nah, Syed Balkhi adalah pemilik WPBeginner.

Beliau fokus membuat plugin & software untuk kebutuhan ngeblog di WordPress. Masih sejalan kan dengan niche yang beliau geluti ? Anda bisa melihat “dagangan” Syed Balkhi di :

  • SeedProd, sebuah plugin WordPress untuk menampilkan halaman Maintenance / “coming soon” saat sebuah web sedang di develop.
  • MonsterInsights, adalah plugin untuk menampilkan data Google Analytics di dashboard blog Anda.
  • OptinMonster, sebuah software untuk membantu marketer mengumpulkan database email calon konsumen.
  • WPForms, plugin WordPress untuk membuat form, biasanya digunakan sebagai form “hubungi saya”.

4. Chris Lee

Pemilik blog RankXL.com ini juga berkutat di “kolam” SEO. Saya juga salah satu pembaca setia tulisan-tulisannya yang sangat detail & menginspirasi. Banyak juga studi kasus yang sering ditulis.

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang beliau lakukan adalah dengan menjual kursus online Authority SEO seharga $599. Kursus ini menjanjikan Anda menuju 100.000 pengunjung per bulan.

5. Herman Yudiono

Beralih ke Blogger dalam negeri, ada nama besar Herman Yudiono pemilik Blogodolar.com ( kini beliau fokus ke blog barunya HermanYudiono.com ) yang banyak menulis seputar Blogging.

Salah satu sumber penghasilannya adalah melalui 2 eBook Premium yang beliau jual, berjudul Cara Menulis Postingan Berkualitas dan Panduan Ngeblog Dari Nol Hingga Menghasilkan.

6. Khoirul Anwar

Mungkin Anda lebih akrab mengenal beliau dengan nama Airul. Yap, pemilik blog MastahSEO.com dan Airul.blog ini dikenal sebagai salah satu praktisi SEO handal di Indonesia. Banyak blog yang dikelola beliau dan merajai halaman pertama Google.

Sebut saja Pantainesia.com, yang merajai halaman pertama Google untuk keyword-keyword seputar pantai yang ada di Indonesia.

Ada banyak sumber penghasilan beliau, selain dari jualan online dan Adsense, ada juga Jasa SEO yang di banderol dengan harga lumayan. Tapi menurut saya akan sangat sebanding sih dengan hasilnya.

7. Ibrahim Vatih

Nama beliau selalu saya sebut kalau lagi ngobrolin SEO. Meski belum pernah ketemu, tapi saya sudah menganggap mas vatih sebagai guru saya. Saya banyak belajar dari tulisan-tulisan beliau di Vatih.com.

Yang saya tau beliau adalah seorang Blogger dan praktisi SEO yang sangat ahli mendatangkan traffic kunjungan ke blog. Termasuk salah satu jasa yang disediakan beliau, yakni jasa backlink PBN di Pushrank.id. Baca-baca testimoninya sih, saya yakin jasa PBN di sini pasti tokcer banget efeknya.

8. Irvan Taufik

Least but not last, ada nama Irvan Taufik sebagai Blogger tanah air yang sukses mendapatkan uang dari blog. Melalui blog pribadinya Irvantaufik.me kang Irvan banyak berbagi seputar tutorial SEO dan studi kasus tertentu berdasarkan hasil prakteknya sendiri.

Yang saya tau, salah satu sumber penghasilan terbesar beliau adalah dari Adsense dan Afiliasi. Termasuk juga blog Irvantaufik.me juga sudah menyumbangkan hasil dari afiliasi.

Penutup

Selain nama-nama Blogger di atas yang kebanyakan bergerak di niche yang sama, yakni seputar Blogging, WordPress, dan SEO, sebenarnya masih banyak kok Blogger niche lain yang sukses. Saya aja yang belum tau.

Misalnya di segmen pariwisata, ada blog-blog tenar seperti Catperku.com, ChockySihombing.com, Catatanbackpacker.com, dan banyak lainnya. Rata-rata mereka berprofesi sebagai reviewer, influencer / travel blogger.

Well, kira-kira itulah beberapa insight terkait bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Di awal Anda ngga perlu melakukan semuanya. Cukup pilih saja beberapa yang menurut Anda paling mungkin untuk dilakukan.

Kalau ada metode-metode monetisasi lainnya selain yang saya sebutkan di atas, silahkan tuliskan di komentar ya, agar saya update ke dalam artikel ini. Jadi, Anda sudah dapet duit / belum dari blog Anda ? Hehe.

Komentar Pembaca . . .

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.