Jasa Web Design Fastwork

Pada tulisan kali ini saya akan cerita tentang pentingnya tampilan sebuah website, dan peranan jasa web design dalam membantu para pemilik bisnis mempercantik layout website mereka.

Tentu Anda pernah mendengar istilah UX ( User Experience ) dan UI ( User Interface ) Kan ? Keduanya adalah aspek super penting yang harus diperhatikan saat membuat aplikasi / website.

Kalau disederhanakan, UI/UX yang baik adalah yang bisa mempermudah & membuat nyaman user saat berada di dalam website Anda. Hal ini bisa di lihat dari banyak aspek. Misalnya dari pemilihan warna, ukuran font, penyusunan layout kolom-kolom artikel, dan banyak elemen lainnya.

Kenapa Harus Memikirkan Desain ?

Kan yang penting konten di dalam website terbaca jelas, letak menunya berada di atas dan mudah ditemukan, selesai. Jadi buat apa harus memikirkan desain website terlalu detail ?” Sebagian orang berpikir seperti ini.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan kuat di balik pentingnya Anda mempertimbangkan desain website yang akan dibuat. Saya merangkumnya jadi 4 alasan utama kenapa desain website sangat penting.

1. Tampilan Bagus = Pembaca Nyaman

Saya pernah masuk website yang dipenuhi banner-banner iklan, pop up, dan banyak hal lain yang sangat mengganggu. Akhirnya, ngga butuh waktu lama untuk saya memutuskan keluar dari sana.

Saya juga pernah menemukan website dengan latar belakang warna hitam dan font berwarna abu-abu gelap. Bisa Anda bayangkan betapa pusingnya saya membaca artikel di website tersebut ?

Selain konten berkualitas, tampilan website juga penting. Kalau layout website Anda bagus, enak di lihat, mudah dipahami, secara otomatis pengunjung akan merasa nyaman.

2. Pembaca Betah, Bagus Untuk SEO

Masih berkaitan dengan alasan pertama. Kalau pengunjung sudah merasa nyaman, mudah mengoperasikan navigasinya, ditambah lagi konten-konten yang Anda sajikan berkualitas, maka lengkap sudah. Pengunjung akan betah berlama-lama di website Anda.

Google melihat ini sebagai sinyal positif. Google menilai website Anda berkualitas, karena banyak user yang menghabiskan waktu lama membuka website Anda. Efeknya, otoritas website Anda naik, dan ini bagus jika Anda sedang menjalankan optimasi SEO.

3. Cerminan Profesionalitas Bisnis

Bayangkan kalau Anda jualan produk / jasa seharga jutaan rupiah, dan Anda berjualan di dalam website yang tampilannya berantakan, ukuran font ngga beraturan, warna-warnanya saling bertabrakan, gambar-gambar yang tampil buram. Kira-kira calon konsumen Anda gimana ? Saya sih yakin mereka akan pergi dan mencari penjual lain yang lebih “meyakinkan”.

Tampilan keren website adalah cerminan profesionalitas bisnis Anda. Jadi jangan pernah sepelekan peranan desain website di dalam kebutuhan bisnis.

4. Membangun Kepercayaan Pembaca

Selain mencerminkan profesionalitas, saya meyakini tampilan website yang baik juga secara ngga langsung akan membangun kepercayaan pengunjung / calon konsumen usaha Anda.

Misalnya Anda berkunjung ke sebuah blog yang membahas artikel tentang “bagaimana cara mendesain tampilan web”. Namun blog itu sendiri tampilannya berantakan. Kira-kira Anda akan percaya dengan tulisan itu ngga ? Anda akan respek dengan penulisnya ?

Begitu pun dengan website jualan. Kalau desainnya jelek, mana ada orang beli. Jangankan menghubungi Anda untuk tanya-tanya. Untuk baca informasi di web aja mereka males, karena buruknya desain website Anda.

Sudah terbayang sepenting apa desain sebuah website ?

Mencari Jasa Web Design Berkualitas

Iya, saya tau, ketika berbicara mendesain tampilan website, artinya Anda akan berhubungan dengan hal-hal teknis. Apalagi kalau ngga punya skill pembuatan web / pemrograman, yang ada pusing.

Masalah di atas sering terjadi. Itulah kenapa banyak orang-orang yang memiliki skill dalam mendesain web dan membuka jasa web design. Mengingat jenis pekerjaannya cukup teknis, maka peluangnya besar.

Ada banyak sekali orang / badan usaha yang menyediakan jasa pembuatan desain web dengan berbagai variasi penawaran dan harga. Dan ada beberapa alternatif juga bagi Anda yang membutuhkan jasa ini, saya akan rekomendasikan beberapa cara untuk mencarinya.

1. Menghubungi Web Agency

Ini yang paling mudah. Anda cari aja di Google, akan ada cukup banyak yang menawarkan jasanya. Namun setau saya, rata-rata harga yang ditawarkan Agency agak mahal ( meskipun ngga semua ). Karena mereka berbentuk tim.

Kalau Anda memang punya dana lebih, ya ngga ada salahnya menggunakan jasa web agency untuk mendesain website Anda.

2. Minta Tolong Teman / Kerabat

Ini cara paling cepat. Kalau Anda punya teman / kerabat yang jago desain web, tinggal minta tolong aja ke mereka, jelaskan kebutuhan Anda, dan sepakati besaran biaya yang harus Anda keluarkan.

Jangan minta gratis ya. Malu sama bisnis Anda, haha. Ngakunya bisnis, maunya punya web keren, masa minta gratisan ke desainernya. Belajarlah menghargai karya orang lain dengan baik.

3. Kerjasama Dengan Freelancer

Menurut saya, cari ini yang paling ideal. Anda bisa kerjasama dengan perorangan yang memiliki skill web design. Biasanya biaya yang dipatok ngga setinggi dibandingkan web Agency ( walaupun ngga selalu begitu ).

Keuntungan lainnya, menurut saya bentuk kerjasamanya bisa lebih profesional, dibandingkan Anda minta tolong teman, biasanya masih ada unsur sungkan, ga enak, dan hal-hal lain yang mengganggu.

Ada banyak banget Freelancer profesional yang menawarkan jasa web design berdasarkan keahlian mereka. Salah satu tempat terbaik untuk menemukan orang-orang ini adalah di Fastwork, sebuah platform Freelance profesional terbesar di Asia tenggara yang berpusat di Thailand.

Kenapa Harus Cari di Fastwork ?

Di dalam Fastwork Anda bisa dapatkan informasi super lengkap tentang Freelancer, seperti harga yang mereka tawarkan, durasi pengerjaan, ulasan-ulasan dari pelanggan mereka, dan juga portofolio.

Selain itu, keunggulan utama bekerjasama disini adalah faktor keamanannya. Anda ngga perlu khawatir bermasalah soal pembayaran, karena Fastwork hanya akan membayar Freelancer setelah pekerjaan mereka benar-benar beres ( setelah Anda melakukan konfirmasi pekerjaan selesai ).

Ada banyak lagi hal positif yang bisa Anda temukan ketika mencari jasa website design di Fastwork. Harganya pun sangat variatif dan bersahabat. Cocok untuk Anda yang baru merintis usaha dan baru membuat website.

Penutup

Saya rasa, itulah beberapa hal penting yang ingin saya ceritakan terkait desain website, dan bagaimana menemukan jasa web design terbaik untuk website Anda. Blog NgetikID pun saya buat sedemikian rupa ( setelah beberapa kali mengganti tema ) untuk membuat Anda nyaman membaca.

Anda bisa mulai melihat-lihat di halaman https://fastwork.id/web-design untuk menemukan Freelancer yang cocok diajak kerjasama. Ngga jarang kerjasamanya berlanjut jangka panjang untuk job lain, jika memang ada kecocokan antara Anda dan Freelancer.

 

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. JANGAN pakai emoticon, nanti masuk spam.