Giovani Barbershop Go Digital

Saat menulis ulasan tentang Giovani Barbershop ini saya sangat bersemangat. Saya melihat satu lagi bisnis offline yang bertransformasi dengan sangat baik ke dunia online. Salute for you !

Mungkin ada sebagian orang yang berpikir Barbershop dan pangkas rambut adalah salah satu bisnis kecil yang modelnya cukup sederhana. Ngga banyak “modifikasi” yang bisa di explore.

Tapi di Giovani, saya melihatnya sangat berbeda.

Barbershop ini berhasil dengan baik memanfaatkan teknologi dan pemasaran digital untuk mendukung aktivitas bisnis mereka. Kita sama-sama tau, jangkauan dunia digital itu ngga terbatas.

Tapi kan Giovani basisnya bisnis offline, gimana bisa menjangkau pasar yang luas selain buka cabang dan butuh cost yang besar ?“, bisa jadi ini pertanyaan umum yang akan muncul di kepala Anda.

Saya coba membedahnya berdasarkan sudut pandang pribadi.

Layanan Giovani Barbershop

Secara layanan, memang tidak jauh berbeda antara Giovani dan kebanyakan Barbershop lainnya. Meskipun saya lihat layanan Giovani memang lebih lengkap diantara kebanyakan usaha sejenis.

Layanan yang tersedia di Giovani Barbershop
Layanan yang tersedia di Giovani Barbershop

Beberapa layanan yang tercantum di web Giovani :

  1. Shave.
  2. Hair cut.
  3. Hair wash.
  4. Hair tattoo.
  5. Hair colour.
  6. Creambath.
  7. Facial treatment.
  8. Back Massage

Namun ada beberapa keunikan layanan ini. Anda bisa melakukan online booking melalui Whatsapp. Jadi tinggal bikin janji mau datang jam berapa, pihak Barbershop yang akan infokan availability nya.

Ngga cuma tiket pesawat, potong rambut juga bisa booking online !

Kelebihan lainnya, di setiap layanan yang tertulis di web Anda bisa melihat free service yang mereka tawarkan. Contohnya untuk layanan potong rambut / hair cut, Anda mendapatkan :

  1. Soft drink.
  2. Cotton bud.
  3. Shave kumis / janggut.
  4. Facial milk cleanser.
  5. Head massage.
  6. Conditioner.
  7. Hair tonic.
  8. Pomade & styling.
  9. Back massage.

Sembilan layanan diatas Anda dapatkan GRATIS saat potong rambut di Giovani. Gila ngga value yang mereka tawarkan ?

Padahal saya lihat harganya cuma 35k untuk anak-anak, dan 45k untuk orang dewasa. Cuma limapuluhribuan. Potong rambut paling sebulan 1-2 kali kan ? Uang yang keluar sebanding dengan benefitnya.

Diatas saya baru mengulas satu layanan aja, yakni hair cut. Masih ada 7 layanan lainnya yang tersedia jika Anda datang ke tempat potong rambut pria terbaik yang beralamat di Jl. Amal No. 44D, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Medan, Sumatera Utara ini.

Dan dengan masuknya Giovani ke ranah digital, mereka juga membuat banyak penyesuaian. Bahkan selain layanan di tempat yang saya bahas diatas, Anda juga bisa “menikmati” layanan mereka tanpa harus datang ke tempat.

Cara Giovani Memanfaatkan Web

Barbershop ya Barbershop. Layanan yang ditawarkan ngga jauh-jauh dari potong rambut, seperti yang saya ulas diatas. Namun, Giovani berhasil menciptakan beberapa “sumber uang” yang baru.

Dengan adanya website saja, Giovani sudah satu langkah lebih maju dibanding para kompetitor. Ditambah beberapa diversifikasi yang mereka lakukan, semakin membuat mereka diatas angin.

Apa saja yang mereka lakukan ?

1. Online Booking

Yap, seperti yang saya bilang tadi, kini ngga cuma tiket pesawat aja yang bisa dipesan online, janji temu Anda dengan hair stylist di Giovani juga bisa Anda lakukan secara online. Sebuah terobosan baru.

2. Penjualan Produk

Ini diversifikasi yang pertama. Selain menjual layanan “umum” seputar pangkas rambut, Giovani juga memanfaatkan web untuk buka toko online. Produk yang paling relevan dijual adalah Pomade.

Toko online Giovani Barbershop

Jika pemasaran online nya dimaksimalkan, sangat-sangat mungkin ini menjadi kran penghasilan baru untuk Giovani. Terbayangkan ngga sebelumnya, Barbershop bisa buka online shop ?

3. Membuka Kursus

Memangnya cuma keahlian memasak dan menjahit aja yang butuh kursus ? Potong rambut juga butuh kursus bro.

Giovani sukses menciptakan lini produk keduanya, yakni akademi untuk Anda yang ingin menekuni profesi sebagai penata rambut.

Ada 3 jenis level yang mereka buka :

  • Hair stylist basic.
  • Hair stylist profesional.
  • Hair stylist expert.
Akademi penata rambut di Giovani barbershop

Saya aja baru terpikir soal ini lho. Ide yang sangat brilian dengan membuka kelas offline untuk menunjang karir. Mungkinkan nantinya bisa dijadikan kelas online juga ? Siapa yang tau, hehe.

4. Menawarkan Promo

Dengan era keterbukaan informasi, kebiasaan orang berubah.

Saat ingin belanja online, orang cenderung untuk browsing dulu, salah satu yang dicari adalah informasi promo produk yang akan dibeli.

Bahkan saat meu belanja offline, mereka lakukan hal yang sama.

Saya melihat Giovani menyadari hal ini. Sehingga mereka meletakkan halaman khusus penawaran promo untuk layanan pangkas rambut. Orang ngga perlu datang dulu untuk cari tau ada promo apa. Kini Giovani bisa “jemput bola” dengan memberitahu mereka.

5. Menawarkan Franchise

Bisnis adalah bisnis bro. Anda boleh melakukan cara apapun untuk mendatangkan uang selagi halal dan tidak merugikan.

Alih-alih cuma fokus pada layanan potong rambut, Giovani mendobrak kotak itu dengan membuka paket Franchise untuk orang-orang yang ingin berbisnis di bidang ini, namun kesulitan memulai.

Dengan paket Franchise Giovani, boleh di bilang Anda sudah siap menjalankan bisnis. Langkah-langkah awal, aset-aset terkait produk, dan info-info lainnya sudah Anda dapatkan di paket Franchise.

Jadi memulainya ngga dari nol banget lah.

6. Pasang Dokumentasi

Kata guru saya, sebagus apapun gaya marketingmu, kalo produknya busuk, ya akan sulit laku. Berlaku sebaliknya, kalau produknya punya value, pasti laris walaupun cara dagangnya biasa aja.

Dokumentasi kegiatan, portofolio, testimoni, adalah bukti-bukti nyata kualitas sebuah bisnis. Giovani memanfaatkan web dan media sosial untuk memaksimalkan penyampaian informasi ini.

Ada halaman Galeri yang mereka sediakan di web, berisi tampilan potongan rambut konsumen-konsumen yang pernah datang.

7. Mencari Karyawan

Jaman sekarang, gaya orang-orang melamar kerja sudah bukan dengan cara mengantarkan amplop cokelat berisi surat lamaran mereka ke pos satpam perusahaan yang ingin dia lamar.

Saat ini, orang mencari informasi lowongan pekerjaan di internet, lalu kemudian mengirimkan lamarannya melalui email.

Dan Giovani menyesuaikan perubahan ini dengan sangat baik. Mereka meletakkan informasi recruitment di website, dan sangat mungkin informasi ini di blast juga ke media sosial mereka.

Jangkauan lebih luas, biaya lebih murah.

8. Memaksimalkan SEO

Saya sempat melakukan riset kecil, bahwa kata kunci artikel terkait topik gaya rambut, potong rambut, punya volume pencarian yang tinggi setiap bulannya. Hal ini bisa dimanfaatkan.

Kita bisa mendatangkan organic traffic dengan memaksimalkan optimasi SEO. Dari visitor yang datang, nantinya bisa di olah ke berbagai arah. Bisa diselipkan penawaran produk di artikelnya, bisa pasang iklan Adsense, bisa retargetting visitor dengan iklan, banyak deh.

Giovani menyediakan kategori blog di website nya. Saya belum tau sudah sejauh mana mereka memanfaatkan artikel-artikel ini, namun saya yakin mereka juga melihat peluangnya.

Kesimpulan

Well, itulah pendapat dan ulasan saya tentang Giovani Barbershop. Sebuah bisnis offline di Medan yang berhasil memanfaatkan kehadiran teknologi dan pemasaran digital dengan sangat baik.

Semoga aja Giovani segera buka cabang di Bandung, agar saya bisa mencicipi layanan-layanan bernilai yang mereka tawarkan.

Apa pendapat Anda tentang yang dilakukan Giovani ?

 

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. Jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.