Akademi Bisnis Digital

Kalau ngobrolin tentang topik bisnis online dan digital marketing, diantara sekian banyak nama, Akademi Bisnis Digital menjadi salah satu yang cukup “vokal” terdengar beberapa tahun belakangan ini.

Yap, zaman sudah berubah. Cara orang mencari uang juga terus berubah. Dulu orang-orang masih lekat dengan pekerjaannya di kantor, berangkat dan pulang sesuai jam kerja, dan berbagai rutinitas lainnya. Namun kini, muncul berbagai pola baru. Salah satunya : bisnis online.

Pernah dengar tagline “kerja sarungan omzet karungan” ?

Di era saat ini, tagline tersebut sudah banyak diwujudkan menjadi kenyataan oleh sebagian orang. Dengan menekuni bisnis di dunia “ghaib”, jelas ngga mustahil tagline tersebut jadi realita. Kerjanya di rumah, jam kerjanya suka-suka, potensi penghasilannya ? Ngga terduga ( baca : bisa jadi gede banget, atau bisa ngga ada sama sekali ) hahaha.

Diluar itu semua, menurut saya ada cukup banyak hal yang perlu Anda pelajari jika ingin mulai berbisnis di dunia digital. Dua hal diantaranya yang cukup penting, yakni cara menemukan produk yang dibutuhkan pasar, dan cara tepat memasarkan produk tersebut.

Anda Harus Punya Mentor

Meskipun yang saya sebutkan diatas cuma dua poin saja, tapi prakteknya di lapangan ngga semudah itu Ferguso. Ada banyak sekali hal yang perlu Anda pelajari dan kuasai. Ingat, banyak hal-hal unik di dalam aktivitas jualan online, yang ngga Anda temui di bisnis offline.

Dan saya meyakini, langkah tepat untuk Anda yang ingin memulainya, adalah mencari mentor. Mentor yang saya maksud bukan terbatas pada sosok orang saja ya. Website untuk belajar, juga termasuk mentor. Buku topik tertentu untuk membantu Anda, itu juga bisa dianggap sebagai mentor.

Intinya, cari sumber informasi terbaik yang bisa Anda jadikan sarana belajar untuk mendongkrak skill dan pengetahuan. Syukur-syukur kalau Anda bisa menemukan “sosok” yang bisa membantu Anda.

Akademi Bisnis Digital ?

Nah, kenapa di awal tulisan ini saya menyinggung soal perubahan pola pekerjaan, tentang bisnis online, dan juga pentingnya mentor yang bisa mendampingi Anda ? Karena saya akan sedikit mengulas tentang Akademi Bisnis Digital, atau lebih familiar dengan sebutan ABDi.

Keberadaan ABDi cukup menyita perhatian saya yang memang sehari-harinya beraktivitas di dunia online. Terutama di Facebook, sangat masif terlihat profile orang-orang berlabel ABDi berseliweran. Jadi ABDi itu apa ?

Singkatnya, menurut saya ABDi termasuk mentor dalam dunia bisnis online dan pemasaran digital. ABDi adalah sebuah platform online tempat belajar bisnis digital yang sudah hadir sejak tahun 2017 lalu.

ABDi memiliki serangkaian sistem belajar yang bisa membantu membernya untuk mengenal pemasaran digital, strategi bisnis online, hingga mereka bisa praktek sendiri dan menghasilkan penjualan. Cukup keren menurut saya.

Pola belajarnya adalah 90% online melalui video-video tutorial yang tersedia di dalam dashboard member area, yang di klasifikasi mulai tingkat Basic hingga Advanced. Sisa 10% berupa kopdar dan training Facebook Ads.

Menurut saya, pola dan sistem ini seharusnya bisa sangat membantu orang-orang awam yang baru terjun ke dunia online. Makanya kenapa saya menyebut ABDi adalah mentor bagi Anda.

Ada Apa Saja di Dalam ABDi ?

Yang jelas ada cukup banyak fasilitas yang bertujuan untuk membantu Anda. Kalau saya sederhanakan, beberapa diantaranya adalah :

1. Training Online

Ada 2 training utama yaitu training ABDi itu sendiri, yang berisi banyak sekali materi-materi berupa video dari level Basic hingga Advanced. Dan Anda diharuskan mempelajarinya secara berurutan, karena video berikutnya ngga akan terbuka kalau Anda belum menyelesaikan video sebelumnya.

Yang kedua adalah training Essenzo, yang berisi materi-materi product knowledge seputar produk kesehatan seperti Essential Oil, Carrier Oil, Diffuser, madu, dan banyak lagi yang lainnya.

Jadi, kalau Anda belum punya produk ngga perlu bingung. Anda bisa langsung praktek dengan jualan produk-produknya Essenzo.

Baca : Training Ainy Leadership Center.

2. Tools Untuk Jualan

Di dalam dashboard disediakan juga marketing kit untuk “senjata” Anda jualan online. Ada landing page, copywriting untuk produk, foto-foto-produk, dan berbagai video testimoni para konsumen yang puas.

3. Toko Untuk Dropship

Untuk Anda yang berjualan produk Essenzo atau produk ABDi yang lainnya, Anda bisa membelinya di internal shop mereka. Produk akan dikirimkan langsung ke konsumen Anda, menggunakan nama & alamat toko Anda.

4. Admin Profesional

Ada 2 admin utama yang disediakan pihak ABDi, yakni admin untuk tanya jawab seputar materi, dan admin yang mengurusi konfirmasi pembayaran atas transaksi-transaksi yang Anda lakukan di toko.

5. Kopdar Offline

ABDi secara rutin memfasilitasi member-membernya untuk silaturahmi di event kopdar offline. Acara seperti ini  bagi saya memang penting untuk meningkatkan semangat & membangun relasi antar member di dalamnya.

6. Materi Facebook Ads

Selain kopdar offline, tersedia juga training offline Facebook Ads selama 2 hari, yang bertujuan untuk mengajarkan Anda segala hal tentang Facebook Ads, hingga Anda bisa beriklan secara mandiri.

Selepas training juga disediakan group Whatsapp yang berisi member dan satu mentor untuk membantu berdiskusi seputar kendala yang dialami.

Penutup

Apakah platform ABDi cukup recommended jika dijadikan mentor pertama Anda ? Saya rasa iya. Anda juga bisa membaca review Akademi Bisnis Digital sebelum memutuskan join di di dalamnya.

Apakah ABDi menjamin kesuksesan Anda ? Jelas 100% tidak. ABDi hanya memfasilitasi materi pembelajaran yang Anda perlukan untuk praktek. Yang menentukan sukses atau tidak hanya Allah dan diri Anda sendiri.

Karena bagi saya, sehebat apapun mentornya, siapapun mentornya, kalau Anda tidak membantu diri sendiri, maka hasilnya nol besar. Meskipun berbisnis online terlihat sangat menggiurkan, tapi pada kenyataannya Anda tetap harus berjuang untuk bisa sukses.

Yakin Ngga Mau Komentar ?

Yuk diskusi dengan saya. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.