Usaha Waralaba Modal Kecil

Waralaba merupakan salah satu bisnis yang sedang populer dan banyak diminati oleh pengusaha muda atau pebisnis baru saat ini.

Hal ini tidak lain disebabkan karena bisnis franchise sangat memungkinkan bagi seseorang yang kurang memiliki pengalaman namun memiliki modal yang cukup untuk membangun usaha.

Dilihat dari segi umum, usaha ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan, terutama ketika Anda membeli waralaba dari merek dagang yang sudah terkenal. Potensi keuntungan bisnis ini juga sangat besar dan menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun meskipun begitu, bisnis ini juga perlu diperhatikan karena tidak semua usaha waralaba cocok untuk masing-masing pengguna.

Bagi pengusaha dengan modal yang besar, membeli franchise berharga mahal bukanlah suatu masalah. Namun bagi pebisnis waralaba yang memiliki modal sedikit, sangat diperlukan untuk berpikir ulang dalam memutuskan usaha yang akan dijalankan.

Adapun besar biaya yang digunakan untuk menjalankan usaha ini sangatlah beragam. Harga usaha franchise ini biasanya dijual dengan kisaran antara 10 juta hingga 1 miliar. Namun Anda tidak perlu khawatir karena untuk waralaba jenis lokal ada yang ditawarkan dengan harga 5 Jutaan.

Mengingat banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menggunakan usaha waralaba ini, maka ikuti pembahasan ini tentang waralaba modal kecil yang bisa digunakan oleh pemula.

Salah satu hal yang harus diingat oleh para pemula adalah, selain membeli franchise Anda juga harus memikirkan tentang gaji karyawan dan beberapa persiapan penting lainya.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa untuk menjalankan bisnis ini, sangat diperlukan  untuk mempersiapkan diri secara finansial.

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa peluang bisnis waralaba modal kecil yang dilansir dari perpustakaan online Perpustakaan.id yang bisa dipertimbangkan dan dicoba untuk menambah penghasilan Anda.

Peluang Bisnis Waralaba Modal Kecil

1. Waralaba Makanan dan Minuman

Menjalankan usaha waralaba makanan dan minuman memang memiliki potensi bisnis yang besar karena berhubungan dengan kebutuhan pokok.

Namun perlu Anda perhatikan pula bahwa mendirikan bisnis makanan seperti restoran atau tempat makan lain dengan merek dagang yang baru biasanya memiliki tantangan yang cukup sulit.

Terdapat beberapa waralaba makanan dan minuman yang menawarkan franchise dengan harga yang tergolong murah namun kurang cocok dengan Anda. Dengan begitu, ada baiknya bagi Anda untuk mencari jenis usaha makanan yang memiliki keunikan dan harga yang terjangkau.

2. Waralaba Laundry dan Jasa Kebersihan

Jika diamati, bisnis laundry dan jasa kebersihan memiliki potensi yang sangat bagus pula, apalagi jika ditambah dengan tempat usaha yang strategis.

Dalam bisnis waralaba laundry, seorang pemilik waralaba akan membantu Anda untuk menentukan lokasi yang strategis untuk mendirikan bisnis menguntungkan ini.

Biasanya, jenis waralaba laundry dan jasa kebersihan ini sangat laris jika dijalankan di lokasi perumahan, dekat kos-kosan, dan dekat kampus. Hal ini didukung karena sibuknya masyarakat di kawasan tersebut sehingga banyak sekali orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa tersebut.

Selain dengan tujuan mempermudah, hasil pekerjaannya juga lebih rapi serta harga jasa yang relatif terjangkau.

Ketika ingin menjalankan bisnis ini, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa Anda memilih untuk menggunakan usaha waralaba yang memiliki reputasi yang baik dan memberikan solusi ketika Anda mengalami masalah.

Namun dalam menjalankan usaha ini, ada baiknya mengeluarkan modal yang besar di awal dari franchisor yang memiliki reputasi yang baik.

Hal ini akan jauh lebih baik dibandingkan jika Anda menggunakan modal kecil dari franchisor yang memiliki reputasi kurang baik dengan potensi risiko yang lebih besar nantinya.

3. Franchise Bidang Kecantikan dan Kesehatan

Dari beberapa daftar usaha waralaba yang bisa dilakukan, bisnis kecantikan dan kesehatan juga menjadi salah satu usaha yang memiliki peluang besar.

Jika dilihat, saat ini banyak sekali orang-orang yang membutuhkan sarana untuk menjaga kesehatan dan kecantikan terutama untuk kaum perempuan.

Tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan adalah tempat fitnes, salon, spa, dan banyak tempat lainya. Hal ini juga melatarbelakangi mengapa usaha ini memiliki peluang yang sangat potensial untuk dijalankan.

Terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kesehatan serta kecantikan dengan menawarkan waralaba yang menarik bagi pengusaha pemula seperti Anda.

Namun meskipun begitu, Anda harus memilih salah satu perusahaan yang menurut Anda paling sesuai dengan kemampuan dan minat. misalnya ketika Anda ingin memiliki usaha spa, gunakanlah bisnis franchise spa yang cukup terkenal dan memiliki biaya yang terjangkau.

Baca : Bisnis konveksi merambah dunia online.

4. Waralaba Bidang Jasa Pelatihan dan Pendidikan

Banyak dari calon pengusaha waralaba yang hanya fokus pada usaha waralaba minuman ataupun makanan. Padahal sebenarnya waralaba di bidang jasa pendidikan dan pelatihan juga memiliki peluang besar.

Saat ini terdapat beberapa perusahaan besar yang menawarkan waralaba bagi pengusaha pemula yang ingin memiliki bisnis sendiri. Nah jika Anda ingin menggunakan usaha jenis ini, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menentukan pilihan tersebut.

Salah satu hal yang wajib untuk Anda pertimbangkan adalah masalah harga, karena tidak semua perusahaan di bidang jasa ini menawarkan harga yang terjangkau. Bahkan ada di antara mereka yang justru memberikan harga yang mahal dan diatas rata-rata.

Oleh karenanya, sangat diperlukan untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial yang Anda miliki.

Dan masih terkait bidang pendidikan, beberapa ide usaha di bidang teknik seperti pelatihan IT juga cukup menjanjikan. Bidang ilmunya spesifik, dan biasanya tarif yang dikenakan juga tinggi.

5. Bisnis Franchise Pada Bidang Retail

Secara umum, bisnis retail ini dapat di definisikan dengan usaha untuk menjual produk baik berupa barang atau berupa jasa kepada perorangan atau keluarga guna memenuhi keperluan pembeli.

Tidak jarang pula, banyak orang yang menganggap bahwa bisnis retail ini hanya menyediakan produknya di sebuah toko. Padahal pada kenyataannya dokter gigi, sewa komik, dan beberapa bidang retail lainya tidak melulu harus ditransaksikan melalui toko seperti pada umumnya.

Saat ini juga terdapat berbagai jenis retail yang ditawarkan kepada pengguna dengan menggunakan sistem waralaba. Dengan jenisnya yang baru dan masih unik, peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk memiliki bisnis retail dengan menggunakan brand yang sudah dikenal masyarakat.

Yang pasti, sangat penting pula bagi Anda untuk menggunakan waralaba yang sudah memiliki standar operasi yang jelas. Waralaba memang menjadi peluang bisnis masa kini yang sangat digemari.

Hal ini karena keuntungan usaha bisa didapatkan dengan lebih mudah risiko kerugian yang relatif rendah. Dengan beberapa informasi tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan usaha yang satu ini.

Nah bagi Anda yang ingin membuka bisnis, daftar usaha waralaba modal kecil diatas dapat Anda jadikan sebagai pilihan yang menguntungkan.

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. JANGAN pakai emoticon, nanti masuk spam.