Peluang Bisnis di Bidang Teknik

Bingung mencari ide bisnis di bidang teknik yang menjanjikan untuk masa depan ? Pastikan untuk menyimak beberapa ulasan lengkapnya berikut ini agar tidak salah ambil keputusan.

Berbicara tentang teknologi, seperti yang kita tahu perkembangan teknologi saat ini bisa dikatakan sangat pesat. Hal tersebut dibuktikan dari besarnya andil teknologi dalam perkembangan kehidupan manusia sekarang ini.

Dengan semakin banyaknya teknologi yang baru muncul tersebut tentu saja akan memberikan beberapa peluang usaha di bidang IT.

Salah satu kesempatan yang tidak boleh disia-siakan yaitu peluang usaha di bidang IT di Indonesia yang masih tergolong baru. Hal tersebut disebabkan karena masih belum banyak orang yang terjun di dunia IT sehingga peluang untuk suksesnya bisa dikatakan masih terbuka lebar.

Nah, bagi Anda yang ingin melebarkan sayap di bidang IT, berikut ini ada beberapa ide bisnis yang bisa dikatakan menjanjikan. Apa saja itu ?

Berikut ulasan lengkapnya.

Ide Bisnis di Bidang Teknik

1. Konsultan Teknologi

Bagi Anda yang merasa mahir dalam dunia IT atau komputer, peluang bisnis yang satu ini tidak boleh disia-siakan.

Kebanyakan perusahaan besar di bidang teknologi membuat perusahaan besar ataupun kecil mengutamakan teknologi baru untuk diajak kerjasama dengan bisnis mereka. Lalu mengapa bisnis konsultasi teknologi ini bisa dikatakan menjanjikan ?

Perlu diketahui, umumnya para pebisnis akan disibukkan dengan masalah peningkatan penjualan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus masalah teknologi yang mendukung bisnis.

Oleh karena itu, tidak heran jika profesi yang satu ini bisa dikatakan menjanjikan karena banyak dicari oleh perusahaan di luar sana.

2. Web Developer

Ide bisnis di bidang IT selanjutnya yang juga dikatakan menjanjikan untuk jangka panjang adalah menjadi web development.

Seperti yang kita tahu, website menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis baik besar maupun kecil.

Hal tersebut karena era informasi, keterbukaan dan kemudahan dalam komunikasi sehingga membuat perusahaan diwajibkan untuk memiliki web.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan saat memiliki website untuk bisnisnya seperti meningkatkan kredibilitas, media promosi dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, peluang bisnis sebagai web developer menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dijalankan. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali orang yang membutuhkan website mulai dari kelas pribadi, kelas bisnis hingga para jajaran kelas konglomerat. Jadi, apakah Anda tertarik menjalankannya ?

Baca : Cara Giovani Barbershop memanfaatkan web

3. Desain Grafis

Rekomendasi bisnis di bidang teknologi selanjutnya yang sudah tidak asing di telinga masyarakat adalah menjadi desain grafis.

Meski terdengar sepele, ternyata profesi yang satu ini memiliki peluang yang lumayan besar. Sebab, banyak orang yang memiliki aplikasi desain namun tidak semua bisa melakukan desain dengan baik dan benar.

Di pasaran harga jual desain pun tergantung dari skill desainer-nya. Semakin andal skill-nya maka harga yang di banderol juga lumayan besar.

Lalu bagaimana cara agar bisa mendapatkan klien dengan cepat ? Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan agar sering mendapatkan klien diantaranya yaitu Anda harus memiliki banyak portofolio.

Mengapa demikian ? Tujuannya agar klien bisa mengetahui hasil desain yang pernah Anda kerjakan. Selain itu, adanya portofolio tersebut juga memudahkan Anda dalam menawarkan harga kepada calon klien.

4. Blogger

Bagi Anda yang hobi menulis, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Kelebihan dari bisnis ini Anda bisa memilih niche sesuai dengan yang Anda kuasai sehingga Anda tidak terbebani menjalaninya.

Namun, perlu diketahui untuk menjalankan bisnis yang satu ini tidak hanya mengandalkan kemampuan menulis saja tetapi juga mengerti beberapa hal lainnya. Hal lain yang dimaksud di sini seperti domain, hosting, dan juga SEO.

Mengapa harus mengerti beberapa hal tersebut ? Tujuannya agar website atau blog yang Anda miliki dapat bersaing dengan blog lainnya.

Nah, untuk bisa mendapatkan penghasilan dalam bisnis ini Anda perlu melakukan monetisasi yang dimiliki dengan PPC AdSense. Jika memang sudah mendaftar AdSense Anda bisa mengikuti program lain seperti afiliasi, menjual slot iklan dan lain sebagainya.

5. Social Media Consulting

Selanjutnya menjadi social media consulting juga dianggap sangat menjanjikan untuk dilakukan apalagi di dukung dengan perkembangan zaman yang sangat maju ini. Seperti yang diketahui social media saat ini banyak sekali jenisnya seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter, dan lainnya.

Dengan banyaknya sosial media yang bermunculan saat ini tentu saja bisa menjadi peluang tersendiri untuk Anda yang memiliki keahlian di bidang ini. Nah, pastikan untuk mencobanya ya !

6. Server Building

Sebagian dari kita mungkin masih bingung dengan bisnis yang dijalankan ini. Seperti yang diketahui, server memiliki peran penting dalam dunia telepon dan juga koneksi internet. Baik untuk penggunaan di rumah, sekolah, kantor, tempat hiburan dan lain sebagainya. Dengan besarnya kebutuhan akan server tersebut membuat bisnis di bidang ini terbilang sangat besar.

Apalagi saat ini masih jarang sekali dijumpai perusahaan yang menyediakan jasa server room, yang mana hal tersebut dapat melancarkan bisnisnya.

Server rom sendiri merupakan sebuah ruangan yang berfungsi untuk menyimpan server, perangkat jaringan dan perangkat lainnya. Jadi, bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang teknologi maka server building bisa menjadi pilihan terbaik.

Anda tertarik untuk mencobanya ? Jika iya, pastikan untuk tekun dan terus bersemangat dalam menjalankannya ya !

6. Aplikasi Mobile

Tahukah Anda, perkembangan aplikasi mobile dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang lumayan pesat ? Bahkan setiap tahunnya pertumbuhan aplikasi mobile ini bisa dikatakan cukup signifikan sehingga membuka peluang bisnis yang lebar.

Hal tersebut bahkan semakin menjanjikan apabila ditambah dengan maraknya smartphone yang terus bermunculan setiap bulannya.

Sekarang ini aplikasi mobile yang banyak di download yaitu kategori games, education and reference, business and productivity dan masih banyak lagi.

Dari beberapa kategori tersebut, aplikasi game memang paling banyak diminati sehingga membuatnya menjadi peluang yang besar bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang ini.

Nah, bagi Anda yang merasa memiliki skill di bidang pembuatan aplikasi mobile, tidak ada salahnya memanfaatkan kesempatan besar ini. Jadi jangan ragu untuk mencobanya ya.

7. Penulis Artikel

Satu lagi bisnis di bidang teknologi yang dianggap menjanjikan dalam jangka waktu lama adalah sebagai penulis artikel.

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis tidak ada salahnya untuk menyalurkan hobi tersebut untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Perlu diketahui, pekerjaan penulis artikel ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda sudah memahami masalah terkait SEO tentu bisa menjadi nilai lebih untuk Anda.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa menawarkan pada forum-forum atau bergabung dengan perusahaan penulis konten.

8. Bengkel Pengelasan

Bengkel pengelasan saat ini termasuk dalam salah satu bisnis yang menjanjikan, hal ini di dukung pembangunan di bidang konstruksi dan perumahan yang setiap prosesnya melibatkan pengelasan, mulai dari pagar, konstruksi atap dan dapur semua membutuhkan proses pengelasan.

Setelah mengetahui beberapa ide bisnis di bidang teknik di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran ingin menjalankan bisnis yang mana. Jangan asal pilih dan pastikan bidang yang Anda tentukan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Sehingga Anda pun bisa menjalaninya tanpa beban dan nyaman.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. Jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.