5+ Ide Usaha di Bidang Seni

Ide usaha di bidang seni – Ada sebuah kalimat yang selalu menjadi keunggulan tersendiri dari para pecinta sekaligus pekerja di bidang seni, yakni kalimat tentang “Kenyamanan dan Kebahagiaan”.

Mengapa demikian? Karena para pegelut dunia seni lebih cenderung bebas tanpa terikat, dan bisa mendapatkan penghasilan dari hobi sendiri.

Sejatinya, semua hobi memang bisa menghasilkan uang, dengan syarat bisa dijalani dengan serius, disiplin dan juga mau terus belajar.

Kemampuan dan skill dalam seni akan menghasilkan karya, dimana karya inilah yang nantinya jadi pemasukan fantastis. Namun sayangnya, tidak semua bidang usaha yang berkaitan dengan seni gampang dikembangkan.

Pasalnya, ada beberapa bidang yang membutuhkan suntikan modal awal yang jumlahnya tidak sedikit. Hal ini yang selalu menjadi kendala utama bagi mereka khususnya para pemula.

Ide Usaha di Bidang Seni dengan Modal Kecil

Untuk itu, artikel ini akan menjadi referensi bagi Anda, yang hendak mengembangkan hobi menjadi sumber income, namun bisa dimulai dengan modal kecil alias minim. Apa saja itu ? Simak ulasan ini sampai selesai.

1. Pelukis di Tempat Wisata

Yang pertama adalah menjadi pelukis di tempat-tempat yang ramai dikunjungi, salah satunya adalah tempat wisata. Anda tidak memerlukan dana awal yang besar, cukup bermodalkan kanvas, cat air dan beberapa kuas saja, Anda sudah siap untuk memulai.

Selain modal yang minim, ada banyak momen-momen dimana sebuah destinasi wisata akan sangat ramai dikunjungi, seperti hari minggu, libur lebaran, tahun baru dan peringatan-peringatan hari besar lainnya.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan, kemampuan dalam menawarkan jasa sangat dituntut, terlebih saat terdapat banyak pesaing. Ditambah lagi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah berbeda.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk bisa melukis dengan cepat, serta menghasilkan karya yang bagus pula. Jadi sebelum memulai, baiknya perdalam skill melukis Anda di rumah terlebih dulu.

2. Pelukis Karikatur

Di zaman yang kental akan hiruk-piruk dunia digital ini, menjadi Karikaturis adalah pilihan tepat bagi Anda yang suka membuat lukisan unik dan lucu tentang suatu objek. Hal ini tidak lepas dari angka peminat yang terus meningkat setiap waktunya.

Lukisan karikatur sangat cocok dijadikan kado untuk pasangan, dekorasi rumah, kantor, hotel, prawedding dan untuk keperluan lainnya. Sehingga, tidak heran jika peminatnya sangat banyak dan terus bertambah.

Modal yang diperlukan untuk membuat lukisan karikatur sangatlah minim, Anda hanya memerlukan kertas putih, pensil dan alat tulis umum lainnya.

Kemudahan semakin terasa ketika hadirnya beberapa aplikasi pembuat Lukisan Karikatur secara gratis, melalui Smartphone Android Anda.

Harga jual lukisan Karikatur juga cukup mahal loh, bahkan ada yang sampai di bandrol jutaan. Untuk itu, peluang usaha di bidang seni khususnya jasa lukis karikatur ini tergolong potensial untuk Anda geluti.

3. Desainer Grafis

Desainer Grafis bukan lagi hal yang tabu. Pasalnya, cukup banyak jumlah pegelut bidang ini yang sekarang tersebar di berbagai daerah di tanah air bahkan dunia. Kenyataan ini tidak lepas dari perkembangan teknologi dan informasi di bidang digital.

Akibatnya, perusahaan-perusahaan kecil maupun besar berlomba-lomba dalam memperkenalkan, dan mempromosikan produk mereka melalui internet. Sehingga, mau tidak mau mereka pasti membutuhkan desain-desain untuk untuk keperluan Online Marketing dan Branding.

Kelebihan utama jasa desain grafis adalah modal yang minim. Cukup menyediakan laptop, koneksi internet dan skill, Anda sudah bisa memulai.

Anda juga dianjurkan untuk memaksimalkan keberadaan media sosial, dalam memamerkan hasil desain yang Anda ciptakan, sebagai promosi yang efektif.

4. Menjadi Guru Seni

Ide bisnis yang satu ini cocok bagi mereka-mereka yang telah mahir, serta memiliki pengalaman yang besar terhadap salah satu jenis seni, misalnya seni lukis. Jika anda termasuk salah satunya, ini kesempatan brilian untuk dijajal.

Nama dan karya lukis hasil tangan Anda yang telah tersohor akan mempermudah dalam proses perekrutan peserta didik. Misalnya melalui website pribadi, akun media sosial maupun secara langsung.

Menjadi guru seni juga sangat cocok dijadikan sebagai usaha tambahan kok, disamping aktivitas utama Anda sebagai seniman lukis profesional, yang telah mendatangkan banyak klien.

Baca : Tips menabung mudah dan cepat.

5. Kerajinan Tangan

Peluang bisnis di bidang seni selanjutnya ialah kerajinan tangan. Saat ini, industri kreatif kian dikedepankan. Tak terhitung lagi sudah berapa banyak orang yang memanfaatkan peluang emas ini, terlebih bagi mereka-mereka yang telah lama bergelut dalam dunia seni.

Apalagi jika Anda tinggal dan menetap di sebuah daerah destinasi wisata, Anda bisa mengkombinasikan berbagai kerajinan tangan dengan ciri khas maupun identitas dari wilayah itu sendiri.

Misalnya, seperti yang pernah saya temukan di kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, dimana banyaknya para pedagang yang menjual bermacam aksesoris hiasan bermotif Jam Gadang.

Selain unik dan penuh karya, aksesoris tersebut juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar. Yang dituntut hanyalah keaktifan dan kekreativitasan Anda.

Tidak sampai di situ. Kerajinan tangan yang bagus, unik dan berkualitas juga bisa menembus pasar internasional, loh. Untuk itu, bagi Anda yang hobi dengan seni khususnya bidang kerajinan, ini adalah peluang menjanjikan.

Penutup

Sejatinya, hobi positif yang ditekuni dengan serius pasti bisa membuahkan hasil, meskipun masih banyak yang tidak menyadarinya. Memang hanya sebatas hobi, namun tidak sedikit pula yang jadi kaya raya karenanya.

Apalagi bila kita berbicara mengenai dunia seni. Pengaplikasian yang baik akan menjadikannya sebagai ladang penghasilan sampingan, bahkan utama. Untuk itu, kembangkan bakat yang Anda miliki dengan baik, bukan hanya sebatas pemenuhan hasrat belaka.

Demikianlah, pembahasan 5 ide usaha di bidang Seni dengan modal kecil, namun menjanjikan keuntungan yang besar oleh Senipedia. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih.

Artikel tamu dari Wiki Pebrianto.

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Diskusi ?