Apa Sih Manfaat Ngeblog ?

Bismillah, tepat pada tanggal 14 Januari 2019 artikel pertama ini sekaligus menjadi perwakilan tulisan perdana saya di blog yang baru seumur jagung ini. Topik awal yang saya angkat adalah tentang apa saja manfaat blog, dan apa alasan saya ngeblog.

Jadi dengan membaca artikel ini Anda akan tau kenapa Ngetik.id dilahirkan dan ( semoga ) bisa terus tumbuh besar hingga nanti. So baca tulisan ini sampai habis ya untuk menemukan jawabannya.

Manfaat Website Untuk Bisnis

Sebelum masuk ke pembahasan utama, saya ingin menyajikan sebuah data dari Internet Live Stats yang menunjukkan informasi berapa jumlah web yang ada di dunia saat ini, dan berapa jumlah artikel baru yang rilis setiap harinya.

Data jumlah website di dunia
Data Internet Live Stats 14 Jan 2019

Anda lihat 2 kotak merah pada gambar di atas. Ada 1.9 Milyar website di dunia ini, dan 5.5 Juta postingan baru terbit setiap harinya. Gila ngga ??

Ngga perlu memperdebatkan kebenaran data di atas. Poin yang perlu Anda tangkap adalah, sedemikian besar peranan sebuah website, sehingga semua orang membuatnya.

Saya coba mengawalinya dengan mengupas apa saja manfaat sebuah website dalam dunia bisnis. Eh mungkin Anda bingung, blog dan web itu sama atau beda ? Tenang, di artikel berikutnya saya akan bahas tentang ini.

Sepengamatan saya, ada beberapa benefit yang cukup penting akan di dapatkan oleh sebuah perusahaan / bisnis kalau mereka memiliki website, apalagi isinya dikelola dengan baik.

Beberapa diantaranya :

1. Menjual Produk / Jasa

Yang namanya bisnis, sudah pasti aktivitasnya adalah menjual produk atau jasa. Ngga akan jauh dari 2 hal itu. Jadi mereka bisa memanfaatkan website sebagai “etalase” untuk menjual barang dagangan mereka.

Kalau etalase offline kan terbatas hanya orang-orang di sekitar saja yang bisa melihat. Dengan adanya website maka memungkinkan orang-orang dari manapun di dunia ini bisa melihat etalase tersebut.

Semakin banyak yang melihat, semakin besar peluang terjadinya penjualan. Jika di optimasi dengan baik, maka sebuah website bisa menjangkau banyak orang hampir tanpa batas.

Baca : Jasa pembuatan blog bonus optimasi.

2. Kredibilitas Perusahaan

Selain sebagai media untuk berjualan, website juga seringkali digunakan sebagai bukti kredibilitas perusahaan. Di dalam website biasanya ada informasi tentang sejarah perusahaan, prestasi yang dicapai, layanan yang tersedia, dan banyak info penting lainnya.

Dengan begitu, para customer pun menjadi lebih percaya dengan “keberadaan” perusahaan tersebut, dan menghilangkan keraguan mereka saat bertransaksi secara online.

Sekarang coba tanya pada diri Anda sendiri, lebih nyaman belanja ke toko online yang ngga dikenal namanya, ngga punya web, transaksi via medsos aja, atau belanja ke toko online ternama yang punya web profesional ?

3. Media Berkomunikasi

Web juga bisa jadi ajang berkomunikasi antara perusahaan dan pelanggan. Wujudnya berupa forum, sehingga memungkinkan pelanggan untuk membuat topik baru dan ditanggapi yang lainnya.

4. Mengumpulkan Data Pelanggan

Dengan memiliki website Anda bisa mengelola banyak sekali data, termasuk data pelanggan. Anda bisa menyimpan data email, nomor hp, bahkan alamat para pelanggan yang sudah membeli produk Anda.

Anda juga tetap bisa menyimpan data-data pelanggan yang sudah pernah mampir ke web Anda namun tidak melakukan transaksi. Anda bisa melacaknya menggunakan pixel Facebook, untuk kemudian Anda berikan penawaran ulang di kemudian hari melalui iklan.

Baca : Memasang pixel Facebook di WordPress.

Manfaat Blog Untuk Pribadi

Sekilas 4 poin diatas adalah manfaat website untuk bisnis yang menurut saya cukup penting. Selanjutnya, saya akan membahas apa saja manfaat sebuah blog jika digunakan untuk kepentingan pribadi.

Oya, barangkali Anda masih bingung, saya sudah menuliskan beberapa perbedaan blog dan website, baik dari segi tampilan, tujuan penggunaan, dan pengelolaannya secara keseluruhan.

1. Berbagi Informasi

Ini adalah alasan yang sangat jelas. Melalui blog seseorang akan menulis sebuah artikel yang berisi informasi. Jadi dengan ngeblog sama saja Anda sedang berbagi informasi kepada para pembaca.

Seringkali informasinya bermanfaat seperti artikel tutorial, atau terkadang hanya untuk informasi dan hiburan, semisal artikel fashion atau berita umum.

2. Menambah Wawasan

Saya yakin setiap blogger pasti suka membaca. Karena menurut saya hampir ngga mungkin seseorang yang suka menulis, tapi ngga suka membaca / menonton video. Lalu dari mana dapat ide tulisannya ?

Jadi dengan menulis di blog, secara ngga langsung Anda sudah membiasakan diri untuk terus membaca, menonton video, ataupun belajar melalui media lainnya.

3. Mengasah Skill Menulis

Ada pepatah berbunyi “bisa karena biasa” dan saya setuju banget dengan itu. Salah satu manfaat blog yang baik untuk penulisnya adalah mengasah skill menulis itu sendiri.

Semakin sering dan rutin Anda menulis di blog, maka secara ngga sadar Anda semakin terbiasa memilih kata dan kalimat, dan juga semakin lihai dalam merangkai paragraf menjadi sebuah tulisan.

Baca : Cara menulis artikel berkualitas.

4. Menuangkan Ide di Kepala

Salah satu tips terbaik untuk menuangkan ide di kepala adalah dengan menulis. Dengan begitu Anda bisa mencurahkan semua fantasi dan gagasan ke dalam tulisan, tanpa ada batasan apapun.

Anda bisa membuat blog pribadi dan menulis dengan sangat bersemangat saat banyak ide berkumpul di kepala Anda, menunggu untuk dituangkan ke dalam artikel-artikel terbaik.

5. Membangun Relasi

Menjadi blogger sama dengan memperkenalkan diri Anda kepada khalayak umum, khususnya kepada sesama blogger. Dengan begitu, otomatis relasi dan jaringan pertemanan Anda terus bertambah luas.

Biasanya diawali dengan pertemanan online, hingga di suatu waktu diwujudkan dalam sebuah pertemuan offline untuk mempererat komunikasi sesama blogger.

6. Memenangkan Kontes

Manfaat blog pribadi lainnya adalah untuk lomba. Yap, Anda ngga salah baca. Banyak orang ngeblog dengan tujuan utama memenangkan kontes. Biasanya mereka menulis sesuai tema atau syarat yang ditentukan penyelenggara lomba.

Mayoritas pasti mengincar hadiahnya, namun ngga jarang juga seorang blogger mengikuti kontes hanya untuk sebuah eksistensi dan pembuktian diri. Dan itu sah-sah aja.

7. Sumber Penghasilan

Mayoritas orang ngeblog ya untuk cari uang, baik sampingan maupun sebagai sumber penghasilan utama. Selain ikutan kontes seperti yang saya bahas diatas, ada banyak cara mendapatkan uang dari blog.

Misalnya menjadi publisher Google Adsense, berjualan online, membuka jasa review produk, tempat wisata, dan banyak lagi peluang lain melalui blog yang bisa di konversi jadi pundi-pundi rupiah.

8. Menerbitkan Buku

Orang yang suka ngeblog, sudah pasti suka nulis. Jadi manfaat website yang lain bisa juga sebagai awal permulaan seorang blogger dalam menerbitkan karya buku fisiknya.

Anda bisa berlatih menulis di blog secara bebas dan konsisten, sampai menemukan performa dan gaya menulis terbaik Anda, baru kemudian mulai menuangkannya ke dalam kertas-kertas.

9. Personal Branding

Manfaat website pribadi sering dihubungkan dengan personal branding. Dan saya juga sepakat. Contohnya kalau Anda banyak menulis tentang topik hukum di blog Anda, maka secara ngga langsung akan terbentuk “kesan” di mata pembaca bahwa Anda pakar hukum.

Dengan begitu, Anda sudah membentuk personal image, atau personal branding diri Anda. Anda mengarahkan opini agar orang-orang mengenal Anda sebagai orang yang mengerti seluk beluk hukum.

10. Melatih Kedisiplinan

Blog yang baik adalah blog yang terus melahirkan karya-karya tulisan berkualitas secara berkala. Bicara ngeblog bukan bicara sprint, tapi marathon. Harus bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi saat Anda memutuskan untuk menulis di blog artinya Anda sedang melatih kedisiplinan diri untuk terus menulis dan menerbitkan artikel secara berkala. Memulai itu sulit, tapi lebih sulit lagi untuk konsisten.

Kenapa Saya Ngeblog ?

Udah banyak banget saya jelaskan manfaat blog, dan kenapa orang-orang menjadi blogger. Terus kalau saya sendiri gimana ? Yaa ngga jauh-jauh dari hal di atas sebenarnya. Menambah penghasilan, menumpahkan ide, membangun relasi, dan lainnya.

Ditambah lagi, alasan saya ngeblog adalah sebagai pengingat diri. Menulis saya anggap sebagai salah satu aktivitas mengajarkan sesuatu. Karena dengan menulis sama artinya saya sedang memberitahu informasi bermanfaat untuk Anda.

Nah, kenapa kok jadi pengingat diri ?

Semakin sering saya mengajarkan dan berbagi sesuatu yang saya tau ( melalui tulisan ) sekaligus jadi proses saya belajar dan mengulang-ulang ilmu yang sudah pernah saya pelajari.

Dengan ngeblog, otomatis saya akan terus menulis dan menyampaikan informasi yang sudah pernah saya ketahui sebelumnya. Jadi dengan menulis, saya terus mengingatkan diri sendiri.

Udah keren belum alesannya ? Haha.

Tapi memang begitu sih manfaat blog dan alasan saya ngeblog. Yaa mudah-mudahan sedikit yang saya sampaikan di dalam blog Ngetik.id benar-benar bisa bermanfaat untuk Anda yang mampir dan membaca.

Kalau Anda sendiri, kenapa ngeblog ?

Review Artikel Ini

Kualitas isi & gaya bahasa artikel :

Isi Form Feedback

Berikan alasan Anda memberikan review rendah

Yakin Ngga Mau Komen ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.