Apa Manfaat Email Domain ?

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja manfaat email domain untuk berbisnis, saya ingin bertanya sesuatu dulu.

Saat ini, siapa yang ngga punya email di Google Mail alias Gmail ? Saya yakin hampir semua orang punya. Tapi, seberapa banyak sih orang yang punya email profesional dengan domain sendiri ?

Saya yakin ngga sebanyak pengguna Gmail deh.

Bisa jadi karena mereka belum tau, udah tau tapi ngga ngerti cara bikinnya, atau emang ngga butuh. Cukup pakai Gmail aja. Sah-sah aja, ngga ada yang salah. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Tapi, yang dimaksud email profesional itu yang gimana ?

Jadi, email profesional yang saya maksud disini adalah email yang menggunakan domain yang kita beli sendiri. Biasanya pemilik email jenis ini lebih banyak memanfaatkannya untuk bisnis. Makanya email ini lebih familiar disebut email bisnis, atau email domain.

Udah clear ya ? Kita samakan persepsi dulu, hehe.

Lalu apa gunanya email bisnis ? Sama-sama bisa untuk kirim dan terima email seperti Gmail kan ? Yap, untuk fungsi kirim dan terima email, memang sama saja dengan Gmail, Yahoo Mail, atau lainnya.

Tapi manfaatnya email bisnis bukan sebatas itu aja.

Kalau Anda saat ini adalah pemilik usaha, marketer, atau apapun profesinya yang berkaitan dengan aktivitas usaha dan komunikasi dengan pelanggan melalui email, Anda perlu baca tulisan ini.

Karena saya akan coba berbagi kepada Anda, setidaknya 3 manfaat yang saya rasakan ketika menggunakan email profesional menggunakan domain sendiri untuk keperluan bisnis, bahkan pribadi.

Manfaat Email Domain Untuk Bisnis

1. Branding & Personalisasi

Manfaat yang pertama bagi saya adalah untuk branding.

Nama saya adalah Rizki Alief Irfany. Sejak beberapa tahun terakhir saya menggunakan email [email protected] untuk semua aktivitas komunikasi saya. Baik untuk kebutuhan pribadi, atau bisnis.

Bagi beberapa orang mungkin hal ini terlihat sepele.

Tapi saya merasakan manfaatnya. Bagaimana email saya terlihat “berbeda”, menarik perhatian sebagian orang karena “ora umum”, dan tentunya jadi lebih profesional, karena seringkali orang bilang : email berbayar bukan gratisan ( domainnya kan bayar per tahun ).

Berikutnya, email dengan domain perusahaan juga bisa digunakan untuk membangun kesan personal kepada pelanggan usaha Anda.

Misalnya, Anda pernah beli hosting di Rumahweb.

Lalu Anda menerima newsletter dengan alamat [email protected] ( misalnya ) dengan nama “Indah dari Rumahweb”. Anda pasti tau bahwa nama orang tersebut adalah Indah, dan Anda sudah tau Rumahweb itu apa. Ditambah lagi emailnya berisi penawaran diskon perpanjangan hosting.

Semakin terasa “personal” kan ? Seolah-olah mbak Indah tau masa berlaku hosting Anda akan segera berakhir, dan tiba-tiba doi mengirim “surat cinta” pribadinya melalui email berisi penawaran diskon. Pas banget kan ?

Contoh lain, email dari guru saya mas Army Alghifary. Ketika saya lihat nama beliau, saya langsung kenal beliau siapa. Ketika lihat domain email yang digunakan adalah Kelaskonversi.com, saya langsung tau itu adalah kelas belajar Facebook Ads. Jadi sudah pasti saya baca emailnya.

Email domain dari Army Alghifari
Email dari mas Army

2. Aktivitas Email Marketing

Manfaat berikutnya adalah untuk aktivitas email marketing.

Google melarang penggunaan Gmail untuk email marketing, atau mengirim email ke banyak orang sekaligus melalui pihak ketiga / Email Service Provider seperti misalnya Kirim.Email. Informasinya bisa Anda baca disini.

Bahkan Yahoo sudah menerapkan kebijakan ini lebih dulu.

Jadi solusinya, Anda wajib memiliki domain sendiri ( kalau belum punya ), dan membuat email bisnis sendiri, baik menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Zoho, atau sewa hosting dan setup email Anda sendiri.

Seperti yang saya lakukan dalam ber-email marketing.

Email sender untuk email marketing
Email sender untuk email marketing

3. Membangun Kepercayaan

Ketika ada email yang masuk dari alamat [email protected] misalnya, ini sudah bisa dipastikan bahwa yang mengirim ya jelas dari pihak Tokopedia resmi. Ngga mungkin dari pihak lain.

Karena yang punya domain Tokopedia.com ya cuma satu pihak.

Bandingkan jika Anda menerima email dari [email protected] Siapa yang menjamin bahwa ini email dari Tokopedia ? Siapapun bisa bikin email Gmail secara gratis kan ? Artinya, tidak ada kepercayaan yang terbangun.

Itulah pentingnya menggunakan email domain perusahaan.

Makanya, kalau ada email dengan isi aneh-aneh, cek aja alamat email pengirimnya. Kalau nama domainnya aneh-aneh, ngga pernah Anda kenal, hati-hati aja. Bisa jadi itu email spam / phising.

PRO Tip Dari Saya

Saya adalah pengguna email domain yang aktif, baik untuk komunikasi pribadi maupun bisnis. Masih ingat pertanyaan saya tentang siapa yang ngga punya Gmail saat ini ? Hampir semua orang punya.

Artinya, orang sudah familir dengan Gmail, baik di desktop maupun mobile. Apalagi jika dibandingkan dengan Horde, Squirrel Mail, atau Roundcube yang biasa dipakai buka email domain, ngga semua orang kenal.

Kalau Anda menggunakan email domain di hosting sendiri, saya punya solusi terbaik dan praktis. Anda bisa terima dan kirim email atas nama email domain, tapi semuanya dilakukan melalui Gmail. Lebih mudah kan ?

Memilih pengiriman dari Gmail atau email domain
Cukup dari Gmail saja

Selain bisa mengirim & menerima email dari aplikasi Gmail, dengan cara ini juga bisa menghemat penggunaan disk space hosting Anda.

Hal itu memungkinkan kok. Anda bisa langsung coba saat ini juga. Saya sudah menuliskan caranya di artikel integrasi email domain ke Gmail.

Penutup

Kurang lebih itulah beberapa manfaat email domain yang saya rasakan untuk kebutuhan bisnis, bahkan untuk pribadi. Jadi kalau Anda saat ini memiliki usaha, menurut saya wajib punya email berbasis domain usaha Anda.

Meskipun Anda ngga menjalankan aktivitas email marketing, tapi jika Anda menggunakan email untuk berkomunikasi dengan pelanggan, apapun isinya, Anda wajib punya email bisnis. Harga domain murah kok bro.

 

Anda Mau Berdiskusi ?

Tanyakan secara jelas ya agar saya bisa paham. Jangan pakai emoticon, nanti masuk spam.