Konsultan SMK3 dan ISO

Anda pernah melihat nama sebuah perusahaan yang memiliki embel-embel label “telah tersertifikasi ISO” ? Mungkin Anda sering melihat / mendengarnya. Tapi apakah Anda sudah tau apa maksud info tersebut ?

Di dalam berjalannya sebuah bisnis yang menjelma menjadi perusahaan yang sudah memiliki banyak karyawan, tentunya diperlukan banyak sekali aturan-aturan dan standar-standar tertentu dalam pelaksanannya.

Fungsi standarisasi ini sendiri cukup banyak, diantaranya adalah untuk kredibilitas perusahaan, keamanan & keselamatan kerja, dan pastinya sebagai tolak ukur calon konsumen untuk menilai perusahaan Anda.

Misalnya, kalau Anda ingin membeli sebuah produk, pasti Anda akan mencari review yang sudah menggunakan produk tersebut, untuk memastikan kualitas produk yang akan Anda beli tidak mengecewakan. Begitu kan ?

Sama halnya dengan perusahaan. Para client membutuhkan tolak ukur tertentu untuk menilai kualitas sebuah perusahaan, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan kerjasama bisnis.

Aturan dan standarisasi ini lebih akrab dikenal dengan sertifikasi. Ada banyak institusi resmi yang menerbitkan sertifikat untuk perusahaan, dengan beragam fungsi dan standar yang ditetapkan.

Saya ngga akan membahas semua jenisnya, karena banyak banget. Saya coba mengulas 2 diantaranya yang penting, dan saya yakin cukup familiar bagi Anda, yaitu sertifikasi SMK3 dan juga ISO.

Sertifikasi SMK3

SMK3 adalah kependekan dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Perusahaan membutuhkan sertifikat ini karena mengacu pada Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2012, di pasal 5 dinyatakan bahwa perusahaan wajib menerapkan SMK3 di lingkungan kerjanya.

Tujuannya sih kurang lebih :

  1. Meningkatkan efektivitas perlindungan keselamatan kerja.
  2. Mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja secara efektif.
  3. Menciptakan ruang kerja yang nyaman dan aman bagi karyawan.

Dengan adanya implementasi SMK3 di dalam lingkungan perusahaan akan sangat membantu dalam mengantisipasi & mencegah terjadinya insiden. Proses perusahaan untuk bisa mendapatkan sertifikat ini pun cukup panjang.

Dimulai dari analisa pelatihan SMK3, penyusunan dokumen, implementasi nyata SMK3 di lapangan, dan terakhir baru masuk ke tahap sertifikasi. Tahapannya cukup panjang dan kompleks. Oleh karenanya, alangkah baiknya jika perusahaan mencari jasa konsultan SMK3 untuk membantu mempermudah proses dan meminimalisir kesalahan.

Jasa konsultan SMK3 di Jakarta
Konsultan SMK3

Sertifikasi ISO

ISO adalah nama badan standarisasi internasional yang berdiri tahun 1946 di Genewa, Swiss. Nama resminya adalah The International Organization for Standardization. Kalau SMK3 adalah singkatan, tidak demikian dengan ISO. ISO adalah badan non-profit yang mengeluarkan sertifikat ISO.

Selain SMK3, sertifikasi ISO sama pentingnya bagi perusahaan. ISO erat kaitannya dengan kualitas dan mutu perusahaan maupun produk. Ada banyak jenis sertifikat ISO berdasarkan tujuannya :

  1. ISO 9001 ( Sistem Manajemen Mutu )
  2. ISO 14001 ( Sistem Manajemen Lingkungan )
  3. ISO 27001 ( Sistem Manajemen Keamanan Informasi )
  4. ISO 22000 ( Sistem Manajemen Keamanan Pangan )
  5. ISO 17025 ( Laboratorium Sistem Manajemen )
  6. Dan beberapa jenis yang lainnya

Sama halnya dengan sertifikasi SMK3, sertifikat ISO juga punya peranan yang penting bagi perusahaan. Diantaranya adalah :

  1. Mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan.
  2. Jaminan kualitas perusahaan sudah standard Internasional.
  3. Kinerja karyawan semakin baik dan optimal.
  4. Menaikkan brand image perusahaan.

Baca : Tips mencari Freelance jasa web design.

Makanya, kenapa banyak perusahaan yang berlomba-lomba mendapatkan sertifikat ISO. Namun kendalanya, biasanya persiapan sertifikasi ISO sangat panjang dan membutuhkan banyak hal administratif yang harus dilakukan.

Sehingga, pada akhirnya banyak jasa konsultan ISO yang menawarkan keahlian mereka untuk membantu perusahaan mulai dari persiapan administrasi, hingga sertifikasi ISO selesai dilaksanakan.

Jasa konsultan ISO di Jakarta
Konsultan ISO

Bahkan, terkadang perusahaan juga menyerahkan sepenuhnya urusan sertifikasi kepada pihak yang menyediakan jasa sertifikasi ISO. Alasannya tentu saja, agar semua berjalan lancar dan praktis.

Baca : Marketplace Backlink di Indonesia.

Qyusi Consulting : Konsultan SMK3 & ISO

Di bawah naungan PT Qyusi Global Indonesia, Qyusi Consulting menjadi salah satu spesialis penanganan sertifikasi perusahaan. Ada banyak jasa yang ditawarkan oleh mereka, termasuk diantaranya konsultan SMK3 dan ISO.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan Qyusi Consulting :

  1. Fast response dalam komunikasi.
  2. Mekanisme kerjasama yang mudah.
  3. Banyak relasi dengan badan sertifikasi ternama.
  4. Menyediakan solusi yang fleksibel sesuai kebutuhan.
  5. Berisi tim-tim ahli dan profesional di bidangnya.

Bahkan, untuk urusan sertifikasi ISO, konsultan yang berkantor di Zamzam Square Unit 03 Jln Condet Raya No 2-4 Jaktim ini berani memberikan jaminan perusahaan yang mereka tangani bisa 100% lulus audit ISO.

Ada cukup banyak jasa-jasa yang ditawarkan oleh Qyusi Consulting. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda bisa mampir ke web resminya di Qyusiconsulting.com, atau menghubungi admin ke nomor 0813 3000 9003 atau email [email protected]

Yakin Ngga Mau Diskusi ?

Yuk diskusi cerdas. Gunakan nama asli agar komentar Anda disetujui.