Cara Daftar Google Webmaster

Memantau perkembangan kesehatan blog adalah hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik. Kali ini saya akan berbagi kepada Anda bagaimana cara daftar Google Webmaster tools.

Secara garis besar peranan Search Console / Webmaster tools adalah memonitor kondisi internal blog, seperti mendapatkan informasi tentang waktu perayapan Googlebot, memberitahu berbagai masalah yang muncul, dan banyak lagi.

Beberapa fungsi Google Webmaster antara lain :

  1. Mengetahui daftar backlink blog Anda.
  2. Mengetahui status index artikel Anda.
  3. Memantau error yang terjadi pada blog Anda.
  4. Menghilangkan backlink negatif ( disavow tool ).
  5. Menghapus URL yang sudah rusak.
  6. Dan masih banyak lagi.

Selain memasang kode Google Analytics yang saya bagikan di tulisan sebelumnya, mengintegrasikan blog Anda ke dalam Webmaster tools adalah hal yang juga wajib dilakukan saat ini.

Cara Daftar Google Webmaster

Yang pertama harus Anda lakukan adalah masuk ke halaman Google Webmaster Tools. Tampilan terbarunya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini. Langsung klik Start Now.

Cara daftar Google Webmaster
Cara daftar ke Google Webmaster tool

Anda akan diminta login email Gmail. Saran saya, gunakan email yang sama untuk admin blog, Google Analytics, Webmaster, dan beberapa keperluan lainnya terkait blog Anda. Dengan begitu Anda tidak akan bingung me-manage akun.

1. Add Domain

Update 12 Maret 2019

Langkah kedua, kini Anda akan dihadapkan pada 2 pilihan cara daftar Google Webmaster ( dulu hanya satu pilihan ) yakni add Domain dan add URL Prefix.

Kalau di metode add Domain Anda cukup memasukkan nama domain Anda, ngga perlu pakai embel-embel Http, Https, atau Www karena nanti semuanya otomatis terintegrasi.

Kalau di metode URL Prefix harus dimasukkan satu per satu. Misalnya https://ngetik.id, https://www.ngetik.id, http://www.ngetik.id dan http://ngetik.id. Keempatnya dimasukkan dan di verifikasi satu per satu.

Metode baru penambahan domain di Webmaster
Metode baru

Pada kolom kiri ( Domain ) cukup masukkan domain Anda tanpa embel-embel seperti gambar di atas. Setelah memasukkan nama domain silahkan klik Continue.

Anda akan dibawa ke halaman baru seperti gambar di bawah ini. Verifikasinya hanya bisa dilakukan via DNS Manager. Kalau add URL Prefix kan bisa via HTML, Tag Manager, Google Analytics, dan pilihan lainnya. Silahkan klik Copy untuk menyalin kode verifikasi.

Kode verifikasi domain di Webmaster
Kode verifikasi

Langkah ketiga, Anda harus memasukkan kode tersebut ke DNS Manager domain Anda. Jadi Anda harus membuka dashboard Client Area tempat Anda beli domain.

Karena tempat beli domain beda-beda, bisa jadi tampilannya berbeda dan cara mengakses DNS Manager juga berbeda-beda. Jadi jalan pintasnya Anda minta bantuan CS nya aja. Saya ngga jelasin disini ya.

Saya hanya akan menjelaskan cara memasukkan kode tersebut ke Cloudflare. Dengan catatan blog Anda sudah terintegrasi dengan Cloudflare. Kalau belum, silahkan baca dulu artikel mendaftarkan blog ke Cloudflare ( coming soon ).

Silahkan login Cloudflare, klik active website Anda, lalu masuk ke menu DNS. Masukkan kodenya dengan format seperti yang saya tandai kotak merah. Lihat gambar di bawah ini. Kalau sudah, klik Add Record.

Memasukkan kode verifikasi ke DNS Manager
Memasukkan kode verifikasi

Anda kembali lagi ke halaman Webmaster dan klik Verify di bagian kanan bawah. Maka seharusnya properti domain Anda sudah terverifikasi, seperti gambar di bawah ini.

Properti domain sudah terverifikasi
Domain terverifikasi

2. Add URL Prefix

Metode daftar Google Webmaster yang kedua adalah metode lama yang sudah ada sejak awal. Masih perlu kah ? Menurut saya ngga sih, kan di metode pertama sudah terintegrasi semua URL nya.

Metode kedua ini lebih cocok untuk alternatif kalau Anda kesulitan melakukan verifikasi melalui DNS Manager. Di metode kedua yakni URL Prefix Anda bisa memilih banyak opsi verifikasi.

Oke kita lanjut. Masukkan URL lengkap blog Anda pada field yang tersedia di kolom kanan seperti gambar di bawah ini. Ini adalah langkah mendaftarkan blog Anda ke dalam Search Console. Klik Continue untuk melanjutkan.

Menambahkan URL baru di Webmaster
Metode lama

Langkah kedua, Anda diminta verifikasi kepemilikan web. Ada banyak opsi. Kali ini saya akan menunjukkan caranya dengan menggunakan HTML Tag. Salin kode dalam tanda petik ( lihat gambar di bawah ini ), kemudian masukkan ke dalam plugin Yoast SEO di dalam blog Anda.

Memilih metode verifikasi properti di Webmaster
Metode verifikasi

Caranya, pada pengaturan Yoast SEO Anda masuk ke menu General >> Webmaster Tools lalu masukkan kodenya pada field “Google verification code“. Jika sudah klik Save Changes.

Verifikasi Webmaster dengan Yoast SEO
Verifikasi melalui Yoast

Semisal Anda ngga pake Yoast, Anda bisa memilih opsi verifikasi yang lain, semisal dengan Google Analytics atau Google Tag Manager.

Jika sudah, kembali ke halaman Webmaster, klik Verify, lalu klik Go to Property. Sekarang blog Anda sudah terintegrasi dengan Webmaster, dan dalam 24 – 48 Jam data-datanya akan mulai tampil.

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah submit Sitemap blog Anda ke dalam Webmaster tools, agar memudahkan Googlebot untuk merayapi blog Anda.

Fitur-Fitur Webmaster Tools

Selesai daftar Google Webmaster, saya akan coba membahas beberapa fungsi dasar Webmaster tools yang perlu Anda tau. Oiya, semua gambar di artikel ini menggunakan Google Webmaster terbaru ya.

Jadi jangan bingung kalau ada perbedaan tampilan.

1. Performance

Fitur pertama adalah Performance, yang menampilkan keseluruhan performa blog Anda. Parameternya terdiri dari Total Clicks, Impressions, Average CTR, dan Average Position.

  • Total Clicks menunjukkan jumlah total klik ke dalam blog Anda yang dilakukan pengunjung di mesin pencari.
  • Total Impressions menunjukkan seberapa banyak artikel-artikel Anda ditayangkan di mesin pencari.
  • Average CTR adalah nilai rata-rata perbandingan antara total penayangan artikel Anda di mesin pencari, berbanding dengan total klik yang terjadi.
  • Average Position menunjukkan rata-rata posisi semua artikel Anda di mesin pencari.

Data yang ditampilkan di ambil dari hasil 3 bulan terakhir.

Fitur performance blog Anda
Performance blog

Di bagian bawah ada beberapa tab yakni Queries, Pages, Countries, Devices, dan Search Appearance. Masing-masing tab menampilkan data diurutkan berdasarkan dari yang terbanyak.

  • Queries menampilkan kata kunci apa saja yang menyumbang traffic terbanyak ke blog Anda.
  • Pages menunjukkan halaman artikel mana yang paling banyak di akses oleh pengunjung.
  • Countries menunjukkan dari negara mana pengunjung berasal.
  • Devices menunjukkan perangkat yang digunakan pengunjung saat mengakses blog Anda.

Dari data ini Anda bisa melihat jelas, kata kunci apa yang paling sering masuk ke blog Anda, halaman mana yang paling sering dikunjungi, dari negara mana mayoritas pengunjung Anda, dan banyak lagi.

Daftar kata kunci yang masuk ke blog Anda
Search queries

2. URL Inspection

Seperti namanya, fitur ini berguna untuk menganalisa sebuah URL yang Anda masukkan pada field URL Inspection. Anda bisa mengetahui apakah URL tersebut masih terindeks atau tidak, apakah tampil di pencarian atau tidak, dan banyak lagi.

Fitur URL inspection di Webmaster
URL inspection

3. Coverage

Webmaster coverage akan menganalisa halaman dan postingan artikel yang ada di dalam blog Anda. Ada 4 parameter utama yakni Error, Valid with Warning, Valid, dan Excluded.

Dengan adanya fitur ini akan memudahkan Anda memantau kalau ada halaman yang error, atau sekedar melihat halaman mana saja yang di exclude ( dikecualikan ) dari pencarian Google.

Fitur webmaster coverage blog
Coverage

4. Sitemaps

Sitemap atau peta situs adalah sebuah halaman yang berisi daftar URL postingan artikel Anda. Anda wajib submit halaman Sitemap blog Anda pada bagian “Add a new sitemap“.

Dengan submit sitemap, artikel-artikel di blog Anda akan lebih mudah ditemukan Googlebot dan terindeks di mesin pencari. Kalau pakai Yoast, default Sitemap-nya adalah domain.com/sitemap_index.xml.

Fitur submit sitemap di Webmaster
Sitemap

5. Mobile Usability

Webmaster mobile usability akan memberitahu Anda kalau ada halaman artikel yang tidak mobile-friendly. Biasanya hal ini diakibatkan tema yang Anda gunakan tidak mobile-friendly.

Di jaman sekarang, mobile-friendly adalah sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap website, karena mayoritas pengguna lebih banyak mengakses web Anda dari handphone.

Webmaster mobile usability
Mobile usability

6. Links

Webmaster links akan memberikan Anda daftar internal link dan eksternal link ( backlink ) yang mengarah ke website Anda. Tersedia juga daftar domain yang memberikan backlink.

  • Top linked pages memberitahu Anda halaman mana yang paling banyak mendapatkan link ( baik internal maupun eksternal link ).
  • Top linking sites menunjukkan nama-nama domain website lain yang memberikan link ke halaman tertentu di blog Anda.
  • Top linking text menunjukkan kata / kalimat yang digunakan website lain sebagai anchor text link yang mengarah ke halaman tertentu di dalam blog Anda.

Melalui fitur ini Anda bisa menganalisa dari web mana saja yang memberikan link ke blog Anda. Semakin berkualitas backlink yang masuk, semakin bagus performa blog Anda.

Data internal dan eksternal link blog Anda
Internal & eksternal link

7. Settings

Yang terakhir adalah Webmaster settings, untuk memverifikasi kepemilikan akun, dan juga mengatur daftar user yang bisa mengakses akun Webmaster Anda, beserta masing-masing hak aksesnya.

Pengaturan Google Webmaster
Settings

Penutup

Demikian tulisan singkat tentang cara daftar Google Webmaster tools beserta beberapa fitur yang perlu Anda ketahui. Dengan begini, blog Anda lebih mudah di analisa jika terjadi masalah.

Dalam panduan membuat blog, keputusan menggunakan Webmaster tools adalah hal wajib yang harus dilakukan. Perpaduan antara Google Analytics dan Google Webmaster akan menciptakan sekumpulan data yang luar biasa lengkap.

Jadi, udah daftar Webmaster ?

Silahkan Berkomentar . . .